Buaya yang Diduga Mangsa Manusia di Kalteng Ditangkap, Badannya Dibelah, Isinya Ini
Buaya yang terperangkap jerat BKSDA Kalteng di Pulang Pisau (DOK. humaspoldakalteng)

Bagikan:

PULANG PISAU - Buaya yang diduga memangsa Nayan (47) warga Desa Paduran Sebangau, Kalimantan Tengah masuk dalam perangkap yang dipasang BKSDA Kalteng.

Buaya ditemukan tersangkut perangkap dalam keadaan mati, Jumat, 19 Februari di muara sampang DAS Sei Sebangau. Di lokasi ini sebelumnya ditemukan potongan tubuh korban.

Kapolsek Sebangau Kuala, Ipda Bimo Setiawan mengatakan buaya ditemukan dalam keadaan mati setelah terperangkap alat pancing yang dipasang BKSDA. 

"Pada saat dilaksanakan pengangkatan buaya, kondisi buaya tersebut sudah dalam keadaan mati," tutur Bimo dikutip dari keterangan Humas Polda Kalteng, Sabtu, 20 Februari. 

Setelah itu dilakukan musyawarah antara kepala Desa Paduran Sebangau dan BKSDA bersama keluarga korban.

”Pihak keluarga korban meminta untuk dilakukan pembelahan perut buaya. Setelah dibelah, tidak ditemukan potongan bagian tubuh korban yang disambar buaya melainkan ada potongan kepala babi, selanjutnya buaya tersebut dikubur,” kata Bimo.

Bimo menuturkan, keluarga korban merasa lega dengan penemuan buaya ini meski tidak terdapat potongan tubuh korban dalam perut buaya.

“Kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang beraktivitas di sungai DAS Sei Sebangau agar tetap berhati-hati dan waspada serta tidak menggangu habitat buaya yang berada di Das Sei Sebangau tersebut,” kata AKP Bimo.