Akui Gemar Berdialog Meski Beda Pendapat, Anies: Karena Ingin Menghormati Pemilih
Paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) dalam deklarasi dukungan Keluarga Besar HMI di Jakarta, Rabu (27/12/2023). (ANTARA/HO-Timnas AMIN)

Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan mengaku dirinya dan calon wakil presiden (cawapres)-nya Muhaimin Iskandar gemar berdialog. Termasuk dengan orang-orang yang memiliki pandangan berseberangan.

Hal itu dikatakan Anies dalam acara deklarasi dukungan Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (KB HMI) untuk pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Jakarta, Rabu 27 Desember.

"Saya dan Gus Muhaimin itu memilih untuk berdialog, memilih untuk tukar gagasan, termasuk berhadapan dengan yang berbeda pandangan," kata Anies dalam keterangan tertulis, disitat Antara.

Anies mengatakan alasannya senang berdiskusi dan bertukar pikiran dengan orang-orang yang memiliki pandangan berbeda ialah karena untuk memperjelas informasi yang beredar di masyarakat.

Sehingga, lanjut dia, masyarakat sebagai pemilih dalam Pilpres 2024 dapat menilai dari hasil diskusi tersebut.

"Karena kami ingin menghormati pemilih, bahwa memilih bukan berdasarkan informasi yang sifatnya sumir, tetapi berdasarkan ide dan gagasan," ujar Anies.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.