Dianggap Mahfud Mustahil, Anies Jelaskan Maksud Janji Bangun 40 Kota Selevel Jakarta
Paslon nomur urut 1, Anies-Muhaimin Iskandar memasuki arena debat perdana Pilpres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa 12 Desember. (dok VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menjelaskan janji kampanye dirinya dan cawapres Muhaimin Iskandar yang ingin membangun 40 kota agar selevel Jakarta.

Rencana ini awalnya diungkapkan oleh Muhaimin dalam debat cawapres. Lalu, cawapres nomor urut 3 Mahfud MD pun meragukan rencana tersebut. Mahfud memandang hal itu mustahil terwujud.

Menurut Anies, membangun 40 kota tidak diartikan dengan melahirkan kota-kota baru. Namun, 40 kota tersebut akan ditingkatkan kemajuan pembangunannya hingga setara dengan Jakarta.

Lagipula, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut memandang fenomena urbanisasi sudah terjadi sejak lama.

"Kita sering kalah bukan berarti tidak mampu, tapi karena tidak mengantisipasi perubahan. Karena kita tahu tren urbanisasi ini bakal terjadi, maka 40-an kota di Indonesia ini di-upgrade," kata Anies di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa, 26 Desember.

Hanya saja, Anies menegaskan dirinya akan mengantisipasi agar 40 kota yang dibangun dengan lebih maju ini tak memiliki masalah urbanisasi seperti Jakarta, seperti keterbatasan lahan, masalah sanitasi, hingga pencemaran air.

"Di-upgrade apanya? Siapkan transportasi umum untuk semua tempat, di-upgrade air bersih, di-upgrade pengelolaan limbah, di-upgrade sanitasinya. Supaya kota-kota ini siap untuk menjadi rumah bagi banyak begitu orang di dekade-dekade ke depan," urai Anies.

"Itulah antisipasi kita ke depan. Kita akan mengantisipasi urbanisasi itu sebagai sesuatu yang bakal terjadi supaya tidak mengalami seperti yang terjadi di Jakarta," lanjutnya.

Sebelumnya, Mahfud MD mengaku kaget dengan dengan pernyataan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengenai keinginannya membangun 40 kota selevel Jakarta.

Mahfud bertanya apakah pembangunan 40 kota metropolitan bisa dicapai hanya dalam 5 tahun sesuai periode Presiden dan Wakil Presiden.

"Saya agak kaget juga mau membangun 40 kota selevel Jakarta. Ya, apa itu bisa dilaksanakan 5 tahun bapak menjadi Presiden dan Wakil Presiden? berapa kota dalam 5 tahun?" tanya Mahfud dalam debat kedua Pilpres 2024 khusus cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Desember

Mahfud pun membandingkan dengan pembangunan satu kota metropolitas yakni Ibu Kota Nusantara (IKN). Di mana, pelaksanaanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Ini IKN aja sudah puluhan tahun baru dilaksanakan, itupun yang investasi baru dalam bentuk janji. Belum ada yang melaksanakan, nah gitukan," tandasnya.