Bagikan:

JAKARTA - Ada yang menarik dalam debat Cawapres yang berlangsung Jumat, 22 Desember. Saat Muhaimin Iskandar menjawab perihal bagaimana mengatasi permasalahan perkotaan di tahun 2045 yang diprediksi akan semakin kompleks.

Awalnya Cak Imin menjelaskan dengan lugas permasalahan-permasalahan perkotaan. Namun kemudian Cak Imin memaparkan rencana membuat 40 kota yang setara dengan Jakarta.

"Kami memiliki satu tekad bahwa di dalam pemerintahan yang akan datang minimal harus dibangun 40 kota baru yang selevel Jakarta," ujar Cak Imin.

Jawaban Cak Imin tersebut mendapat tanggapan Gibran Rakabuming Raka dengan keheranan. Sebab sebelumnya, Cak Imin mengungkapkan keberatannya terhadap pendirian IKN.

"Gus Muhaimin ini agak aneh ya. Pengin bangun kota selevel Jakarta tapi nggak setuju sama IKN. Tapi ya monggo lah ya, nggak apa-apa," ujar Gibran.

Mahfud MD pun kemudian menanggapi dengan rasa kaget. Sebab, menurutnya aktualisasi pembangunan IKN pun setelah puluhan tahun direncanakan.

"Cak Imin saya agak kaget juga, mau bangun 40 kota selevel Jakarta, apa itu bisa dilaksanakan dalam 5 tahun. IKN saja sudah puluhan tahun baru dilaksanakan," ujar Mahfud. Simak videonya berikut ini.