3 Tewas Imbas Truk Rem Blong Hantam Rumah dan Pemotor di Jalur Cianjur-Sukabumi
Truk bermuatan air mineral dalam kemasan diduga rem blong hantam pengendara sepeda motor dan rumah warga di Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (21/12/2023).(ANTARA/Ahmad Fikri). (Ahmad Fikri)

Bagikan:

JABAR - Satlantas Polres Cianjur masih terus mendata korban tewas dalam insiden truk bermuatan air mineral kemasan alami rem blong di Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, Kamis 21 Desember. Korban meninggal sementara terdata 3 orang.

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Adhi Prasidya mengatakan tiga korban yang meninggal yaitu sopir truk, pengendara motor dan pemilik rumah yang dihantam truk.

"Kami masih melakukan olah TKP dan membantu melakukan evakuasi memastikan tidak ada warga yang masih berada di dalam rumah dan ruko yang dihantam truk. Sebelumnya truk yang mengalami rem blong sempat menghantam sejumlah pengendara sepeda motor," katanya di Cianjur, Jawa Barat, 21 Desember, disitat Antara.

Dia menjelaskan, informasi yang didapat terkait korban yang belum ditemukan karena tertimbun bangunan belum dapat dipastikan karena petugas dibantu warga serta dinas perhubungan masih berupaya melakukan evakuasi bangkai truk yang menghantam dua bangunan itu.

"Catatan kami tiga orang meninggal, seorang diantaranya perempuan pemilik rumah yang dihantam truk, sedangkan pemilik ruko mengalami luka-luka dan sudah dibawa ke RSUD Cianjur, guna mendapatkan pertolongan medis," katanya.

Sedangkan penyebab pasti kejadian, tambah dia, masih dalam penyelidikan petugas namun dugaan sementara rem blong karena keterangan saksi mata truk melaju tidak terkendali dari arah Sukabumi menuju Cianjur, hingga akhirnya kendaraan dan berhenti setelah menghantam bangunan.

Sementara informasi saksi mata warga sekitar, truk bermuatan air mineral dalam kemasan melaju dengan kecepatan tinggi dari Sukabumi menuju Cianjur, beberapa puluh meter sebelum memasuki lokasi kejadian truk terlihat seperti hilang kendali dan menghantam dua sepeda motor.

"Truk menghantam pengendara sepeda motor dari arah berlawanan, satu terpental sejauh beberapa meter sedangkan yang satunya terlindas truk. Tidak sampai di situ, truk baru berhenti setelah menghantam rumah dan ruko di pinggir jalan," kata saksi mata Dayat (45).

Akibat kecelakaan itu, tambah dia, tiga orang tewas ditempat diantaranya sopir truk, pemilik rumah dan pengendara sepeda motor, sedangkan korban lainnya mengalami luka-luka sebanyak delapan orang sudah dibawa ke RSUD Cianjur dan puskesmas setempat.