Bagikan:

JAKARTA - Eks pimpinan hingga struktural Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diundang ke Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan pada hari ini, Kamis, 21 Desember. Mereka akan diminta memberi masukan terkait kinerja lembaga.

Kabar undangan ini disampaikan oleh Novel Baswedan melalui akun X pribadinya, @nazaqistsha. Eks penyidik komisi antirasuah itu menyebut para ‘alumni’ diminta hadir mengikuti acara bertajuk ‘KPK Mendengar’.

“Komisi Pemberantasan Korupsi akan menyelenggarakan forum ‘KPK Mendengar’. Forum ini berkala dilakukan setiap tahun untuk menyerap kritik, saran, dan masukan dari para pemangku kepentingan dan mitra strategis sebagai evaluasi dan perbaikan kinerja lembaga di masa mendatang,” demikian bunyi undangan yang diunggah Novel.

Novel tak menyebut hadir atau tidak dalam kegiatan itu. Dia justru menyoroti kegiatan itu.

“Setelah empat tahun membuat kerusakan, Pimpinan KPK yang mestinya habis masa tugasnya di tanggal 20 Desember 2023 mengundang alumni KPK pada tanggal 21 dengan tema ‘KPK mendengar’,” tulisnya dalam cuitan tersebut.

“Sekarang bukan saatnya mendengar tapi bertanggungjawab. Mundur. Inilah bila orang-orang bermasalah menjadi Pimpinan KPK,” sambung Novel.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata membenarkan adanya pertemuan itu. “Ya, mantan pimpinan, mantan pegawai siapa saja yang mau datang,” tegasnya saat dikonfirmasi.

Setelah bertemu dengan para ‘alumni’ KPK, pertemuan serupa juga bakal dilakukan sorenya dengan para aktivis dan masyarakat sipil. Dalam pertemuan itu, internal lembaga siap mendengar masukan mereka.

“Siangnya dengan CSO. Ya, siapa saja yang mau datang,” pungkas Alexander.