300 Rumah di Kaltara Dapat Pemasangan Listrik Gratis
Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang/DOK IST

Bagikan:

TARAKAN – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal A Paliwang menyerahkan bantuan pasang baru listrik gratis kepada 300 Kepala Keluarga (KK).

"Bantuan ini bukan hanya sebagai wujud pemenuhan kewajiban pemerintah dalam menyediakan tenaga listrik. Namun juga sebagai bentuk konkret kehadiran negara melalui akses energi bagi seluruh lapisan masyarakat," katanya, Senin, 18 Desember.

Bantuan pemasangan 300 jaringan listrik di rumah warga itu itu di antaranya 35 rumah di Kota Tarakan, 75 rumah di Kabupaten Bulungan, 70 rumah di Kabupaten Nunukan, 60 rumah di Kabupaten Malinau, dan 60 rumah di Kabupaten Tana Tidung.

"Pemprov menyadari bahwa banyak rumah tangga tidak mampu di wilayah ini yang masih belum teraliri listrik dari PLN. Namun kita tetap berupaya agar salah satu kebutuhan dasar ini terpenuhi," tegasnya.

Untuk itu, pemerintah setempat menginisiasi program pemasangan dan penyambungan instalasi listrik secara gratis, Memberikan kemudahan kepada keluarga yang ingin menikmati listrik namun kesulitan membayar biaya pasang baru.

"Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam pemerataan akses kelistrikan, menjadikan energi listrik sebagai kebutuhan pokok bagi seluruh masyarakat," tegasnya.

Berdasarkan data  menyebutkan program bantuan pasang baru listrik gratis telah berlangsung selama 4 tahun. Pada tahun 2023, pemerintah kembali mengalokasikan bantuan ini untuk 300 rumah tangga tidak mampu yang tersebar di setiap kabupaten dan kota di Kalimantan Utara.

Kota Tarakan menjadi salah satu fokus dengan alokasi 35 rumah tangga, sementara kabupaten lainnya seperti Bulungan, Nunukan, Malinau, dan Tana Tidung juga mendapatkan bagian masing-masing.

Gubernur menjelaskan Rumah tangga penerima bantuan akan mendapatkan 3 titik lampu, 1 stop kontak, dan meteran listrik dengan daya 900 kVA.

"Bantuan ini mencerminkan komitmen pemerintah provinsi dalam memberikan layanan listrik kepada seluruh masyarakat, khususnya yang tinggal di daerah terpencil dan pedalaman," ucapnya.

Gubernur mengatakan, pihaknya berikan apresiasi kepada PT. PLN (Persero) yang telah aktif membantu pemasangan meteran bagi setiap kepala keluarga penerima manfaat.

Apresiasi juga disampaikan kepada pemerintah kabupaten dan kota serta para ketua RT dan RW yang turut mendukung program ini dengan memfasilitasi pembentukan kelompok masyarakat untuk mengajukan usulan permohonan bantuan listrik gratis kepada Gubernur.

"Saya harap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat, yang nantinya akan berdampak positif pada pemerintah desa, pemerintah kabupaten, dan pada akhirnya menjadikan Provinsi Kalimantan Utara yang berubah, maju, dan sejahtera," ujar dia.