Ganjar Realisasikan Desa Wilayu di Wonosobo Jadi Destinasi Wisata Durian Jika Menang Pilpres 2024
Capres Ganjar Pranowo makan durian bersama warga di Desa Wilayu, Wonosobo, Jateng, Senin 18 Desember 2023. (ANTARA-Narda M S)

Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menginginkan Desa Wilayu, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng), menjadi destinasi wisata bagi penggemar durian.

Ganjar mengatakan keinginannya itu bisa terealisasi jika dirinya bersama calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD menang Pilpres 2024.

"Enak (rasanya), ternyata duriannya, variannya cukup banyak. Kalau ini kita jadikan desa wisata, anak-anak bisa ke sini dan mungkin bisa diajari petik sendiri, karena ada tekniknya tadi. Diikat begitu ya," kata Ganjar usai menikmati durian di Desa Wilayu, Senin 18 Desember, disitat Antara.

Adapun varian durian yang ditawarkan Desa Wilayu sangat beragam, mulai dari durian susu hingga mentega. Bahkan, ada pohon durian yang sudah berumur 300 tahun.

"Tentu saja orang akan bisa dikasih pilihan-pilihan, maka tadi disampaikan ada durian yang usianya sudah ratusan tahun," tuturnya.

Mantan Gubernur Jateng itu tak segan memuji rasa durian dari desa itu.

"Tadi kita coba satu biji manis, manis, tapi manisnya tidak terlalu kuat, sehingga masih nyaman. Kalau saya suka yang agak sedikit saja manisnya, ada pahitnya gitu," imbuhnya.

Selain itu, Ganjar juga menyoroti Desa Wilayuh yang menghasilkan buah manggis.

Menurutnya, kedua buah ini berpotensi menjadikan Desa Wilayuh sebagai tempat wisata buah-buahan. "Ini tempat yang layak untuk kita kasih rekomendasi orang makan durian di sini," pungkasnya.