Daftar Destinasi Wisata Alam di Wonosobo Selain Dieng
Ilustrasi Wonosobo (kertek.wonosobokab.go.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Wonosobo adalah kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kabupaten ini dikenal karena memiliki wisata alam yang indah. Destinasi wisata alam di Wonosobo banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai wilayah.

Patut diketahui, wisata alam di Wonosobo yang banyak dikenal saat ini adalah Gunung Wisata Dieng. Namun harus diketahui bahwa kabupaten tersebut punya destinasi alam yang tak kalah menarik lainnya. Lokasi destinasi alam di Wonosobo letaknya juga tak jauh dari Jogja dan Magelang.

Destinasi Wisata Alam di Wonosobo

Tempat wisata alam di Wonosobo berupa desa wisata hingga dataran tinggi. Berikut beberapa destinasi wisata alam di Kabupaten Wonosobo.

  1. Agrowisata Tambi

Agrowisata tambi adalah destinasi wisata alam di Wonosobo yang berupa hamparan kebun teh dengan suasana sejuk. Di tempat ini masyarakat akan dimanjakan dengan wanginya ladang teh hingga pemandangan yang indah. Wisatawan yang akan berkunjung ke tempat ini disarankan untuk mengenakan pakaian tebal karena suhu udaranya kurang lebih 15 derajat Celcius. Alamat Agorwisata Tambi ada di Tegalrejo, Tambi, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

  1. Wisata Petak 9 Dieng

Wisata Petak 9 Dieng adalah pariwisata alam dengan lanskap yang sangat indah. Tempat ini berada di dataran tinggi Dieng. Wisatawan akan melihat gunung, sawah, danau, hingga rumah warga yang ada di bawah. Tempat ini sangat strategis untuk menikmati alam Wonosobo. Alamat Wisata Petak 9 Dieng ada di Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

  1. Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang adalah objek wisata alam yang unik. Letaknya berada di antara perbatasan Kabupaten Kebumen dan Wonosobo. Udara di tempat ini sejuk dan pemandangannya sangat indah karena landscape gunung dan bukit akan terlihat di waduk ini. Alamat Waduk Wadaslintang berada di Wadaslintang, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia.

  1. Curug Winong

Bagi Anda yang hobi bermain di sungai, curug Wonong bisa jadi destinasi alam yang cocok untuk dikunjungi. Di tempat ini wisatawan akan disuguhkan suasana asri alam dengan air terjun yang turun dari atas tebing. Curug ini cukup tersembunyi sehingga belum banyak dikunjungi oleh masyarakat. Alamat Curug Winong ada di Desa Winongsari, kecamatan kaliwiro kabupaten wonosobo.

  1. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin adalah destinasi alam di Wonosobo yang berupa tebing-tebing artistik. Letaknya yang ada di atas Telaga Warna membuat tempat ini menyajikan pemandangan indah telaga dan bukit di sekitarnya. Tempat ini memiliki cerita legenda hingga disebut dengan Batu Ratapan Angin. Lokasinya berada di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah.

  1. Taman Kalianget

Taman Kalianget adalah destinasi wisata alam berupa pemandian air hangat yang terluas di Jawa Tengah. Tempat ini banyak jadi rujukan wisatawan yang ingin berendam air hangat. Kandungan belerang yang ada pada air hangat Kalianget tidak hanya menyegarkan tubuh namun dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Selain ada kolam air hangat ada pula kolam air dingin yang bisa juga dinikmati oleh wisatawan. Alamat taman pemandiang Kalianget ada di Jl. Dieng No. 114, Kalianget, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Itulah beberapa destinasi wisata alam di Wonosobo. Kunjungi VOI.ID untuk berita update lainnya.