Bagikan:

NTT - Wisatawan yang berencana liburan ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), diminta melakukan mitigasi mandiri terhadap risiko kasus COVID-19.

"Apabila merasa kurang sehat, wisatawan disarankan mengenakan masker," kata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina di Labuan Bajo, NTT, Jumat 15 Desember, disitat Antara.

Mitigasi mandiri merupakan salah satu upaya mitigasi risiko di sektor pariwisata menyikapi peningkatan kasus COVID-19 saat ini.

Hal itu berkaitan dengan momen liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang diprediksi mengalami kenaikan jumlah pengunjunh ke Labuan Bajo.

Shana meminta calon wisatawan untuk melakukan pemeriksaan mandiri terhadap kondisi kesehatan saat berlibur.

Dia menyarankan calon wisatawan juga telah menerima vaksinasi lengkap dan booster.

Apabila sakit, calon wisatawan diminta untuk menggunakan masker dan menyiapkan obat-obatan mandiri.

Untuk memberi jaminan kesehatan, pemerintah daerah setempat juga telah menyiapkan rumah sakit dan klinik dengan fasilitas memadai bagi wisatawan.

"Klinik dan rumah sakit juga sudah disiapkan untuk antisipasi apabila ada kebutuhan penanganan lebih lanjut," ucap Shana.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan adanya peningkatan tren kasus sejak periode 8-14 Oktober 2024.

Namun, hal itu tidak diikuti dengan peningkatan rawat inap dan kematian.