Razia Satpol PP, Pengemis di Buleleng Bawa Uang Rp15 Juta Plus Duit Mainan Ratusan Ribu
DOK Satpol PP Buleleng

Bagikan:

BULELENG - Satpol PP Buleleng, Bali, mengamankan pria berinisial NY (55) asal Desa Les, Kecamatan Tejakula saat operasi penertiban gelandangan dan pengemis. Ada uang belasan juta dalam tas NY.

Kepala Satpol PP Buleleng, I Gede Arya Suardana mengatakan, NY diamankan pada Senin (11/12) kemarin, saat razia di traffic light Simpang Penarukan.

"Adapun tindak lanjut membawa yang bersangkutan ke Dinas Sosial untuk dicari keterangannya, yang bersangkutan mengaku dari Karangasem. Setelah dihubungi Kepala Desa Les, bahwa yang bersangkutan dari Desa Les dan sering memasuki rumah warga tanpa izin," kata Suardana, Selasa, 12 Desember.

Sementara, di dalam tas NY ditemukan uang Rp15.328.200 dan uang mainan sebesar Rp510.000.

Suardana menerangkan, NY mengemis di jalanan. Tapi saat berkomunikasi dengan pihak keluarga, uang belasan juta disebut hasil menjual sapi.

"Memang fakta di lapangan pengemis itu didapati uang Rp15 juta tetap setelah dikonfirmasi kepada keluarganya, kan di sana ada alamatnya dan setelah kita hubungi perbekel (kepala desa) dan keluarganya ternyata yang bersangkutan baru jualan sapi dan uangnya dibawa semua. Jadi bukan murni hasil menggepeng," imbuhnya.

Selain itu, NY saat diminta keterangan seperti orang bingung atau linglung.

"Orangnya masih linglung, jawaban pasti tidak bisa didapatkan," ujarnya.

Terkait