BPBD DKI Catat 3 Ruas Jalan di Jaksel Tergenang Sore Ini
Ilustrasi-Kondisi Jalan Kaligawe, Kota Semarang yang tergenang banjir, Selasa (28/11/2023). ANTARA/I.C Senjaya

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat tiga ruas jalan di Jakarta Selatan tergenang banjir per pukul 15.00 WIB akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda wilayah DKI Jakarta pada Jumat menyebabkan genangan di wilayah DKI Jakarta. BPBD mencatat saat ini terdapat genangan di 3 ruas jalan yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, Jumat, 8 Desember.

Jalan yang tergenang berada di Jalan Ciledug Raya, Kelurahan Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama dengan ketinggian air mencapai 50 sentimeter. Kemudian, Jalan Kemang Utara IX, Duren Tiga, Pancoran dengan ketinggian air mencapai 25 sentimter.

Lalu, banjir juga menggenangi Jalan Kemang Utara IX di Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan dengan ketinggian air mencapai 50 sentimeter.

BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat. BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan," ungkap dia.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sejumlah wilayah di Jakarta masih berpotensi diguyur hujan hingga pukul 17.30 WIB hari ini.

Potensi hujan di Jakarta Pusat yakni Gambir, Sawah Besar, Kemayoran, Senen, Cempaka Putih, Menteng, Tanah Abang, dan Johar Baru. Jakarta Utara meliputi Penjaringan, Tanjung Priok, Koja, Cilincing, Pademangan, dan Kelapa Gading.

Sementara, potensi hujan di Jakarta Barat yakni Cengkareng, Grogol Petamburan, Tambora, Kebon Jeruk, Kalideres, Pal Merah, Kembangan, dan Taman Sari.

Lalu, hujan di Jakarta Selatan berpotensi terjadi di Tebet, Setiabudi, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, Kebayoran Lama, Cilandak, Kebayoran Baru, Pancoran, Jagakarsa, dan Pesanggrahan. Di Jakarta Timur meliputi Matraman, Pulogadung, Jatinegara, Kramatjati, Pasar Rebo, Cakung, Duren Sawit, Makasar, Ciracas, dan Cipayung.