Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Brigjen Sentot Prasetyo untuk menjabat sebagai Kadensus 88 Antiteror Polri menggantikan Irjen Marthinus Hukom.

Mutasi itu tertuang dalam surat telegram Nomor ST/2750/XII/KEP./2023 yang ditandatangani oleh As SDM Irjen Dedi Prasetyo atas nama Kapolri, tertanggal 7 Desember.

Posisi Kadensus 88  kosong setelah Irjen Marthinus Hukom disetujui Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komjen Petrus. R. Golose yang memasuki masa masa pensiun atau purna tugas.

Brigjen Sentot Prasetyo sedianya merupakan Wakadensus. Dengan penujukan ini, posisi yang ditingalkannya akan diisi oleh Brigjen I Made Astawa.

Asisten Kapolri Bidang SDM, Irjen Dedi Prasetyo membenarkan perihal mutasi dan rotasi tersebut. Dikatakan, hal itu dilakukan untuk penyegaran organisasi.

Selain itu, memberikan promosi dan menambah pengalaman kepada jajaran Korps Bhayangkara.

"Mutasi hal yang alamiah dalam organisasi Polri. Pergantian dilakukan kepada personel memasuki masa purna bakti. Lalu ada promosi, menambah pengalaman tugas tour of duty dan tour of area," ujar Dedi dalam keterangannya, Kamis, 7 Desember.

Kemudian, rotasi dan mutasi itu juga agar para personel Polri lebih cepat fokus dalam persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru serta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Sserta fokus persiapan pengamanan pemilu dan Operasi Lilin, pengamanan Nataru serta menjaga harkamtibmas," kata Dedi.