TKN: Kalau Ada yang Bilang Prabowo-Gibran Menghindari Debat, Itu Narasi Menyesatkan
Pasangan Capres Prabowo Subianto bersama Cawapres Gibran Rakabuming Raka (dok Gerindra)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Viva Yoga Mauladi, menegaskan pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 siap mengikuti debat kandidat yang digelar KPU RI.

Apabila ada yang mengatakan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tak siap debat, menurut Viva, itu adalah narasi yang menyesatkan.

Hal itu ditegaskan Viva menanggapi Capres nomor 3, Ganjar Pranowo yang menyebut Gibran Rakabuming siap debat kala mengkritik kondisi SMK di Jawa Tengah.

"Jika ada yang menyatakan bahwa pasangan calon Prabowo dan Gibran menolak dan menghindari debat, itu tidak benar dan menyesatkan," ujar Viva kepada wartawan, Kamis, 7 Desember.

Viva menyebut, narasi Prabowo-Gibran menghindari debat yang belakangan ini ramai sengaja untuk membingkai negatif paslon yang diusung Koalisi Indonesia Maju itu.

"Narasi itu sengaja di kemas dan di framing negatif kepada Prabowo Gibran," tambahnya.

Viva pun menyatakan, Prabowo-Gibran siap menghadapi debat yang sudah ditentukan KPU, yakni sebanyak 5 kali. Bahkan, kata Viva, Prabowo dan Gibran juga siap menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

"Prabowo Gibran siap lahir batin melaksanakan debat 5 kali sesuai Undang-undang. Mau ditambah lagi dengan debat memakai bahasa Inggris, ya siapa takut hehehe," kata Viva.

Viva menekankan, TKN Prabowo Gibran akan taat dan patuh kepada Undang-undang. Termasuk mengikuti debat apapun format yang ditetapkan KPU.

"Format dan model debat apapun yang dibuat dan diputuskan KPU, kami siap saja," katanya.

Sebelumnya, Ganjar menilai Gibran siap untuk debat Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Ganjar ketika kampanye di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu, 6 Desember.

Ganjar awalnya menjawab soal kritik dari Gibran terkait sarana dan prasarana SMK Jawa Tengah yang dinilai sudah ketinggalan zaman. Menurutnya, sarana dan prasarana yang dianggap jadul di SMK Jawa Tengah terbukti bisa menghasilkan lulusan yang siap bekerja.

"Jadul aja bisa menghasilkan tenaga kerja siap pakai ya, apalagi modern," kata Ganjar, Rabu, 6 Desember.

Namun, Ganjar merasa senang mendapat masukan dari putra sulung Presiden Jokowi itu. Dia pun menilai Gibran sudah siap melakukan debat capres/cawapres di Pilpres 2024. Ganjar bahkan membantah isu yang berseliweran bahwa eks politikus PDIP itu tak siap menghadapi debat itu.

"Agak fitnah yang mengatakan beliau tidak siap debat. Beliau siap (debat) punya catatan dan kebetulan ketika konsorsium itu dibuat saya ikut bareng beliau," jelas Ganjar.