Bagikan:

JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah menyuntikkan vaksinasi cacar monyet atau monkeypox dosis kedua kepada 411 orang. Sebelumnya, 495 orang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

"Sudah 411 orang selesai divaksin mpox 2 dosis," kata Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Diskes) DKI Jakarta Ngabila Salama dalam keterangannya, Minggu, 3 November.

Pemberian dosis kedua ini dilakukan setelah empat minggu (28 hari) dari pemberian dosis pertama. Dosis pertama vaksinasi cacar monyet diberikan pada periode 23 Oktober hingga 3 November 2023.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga telah menyediakan 4.500 dosis vaksin mpox dan 1.008 botol antivirus tecovirimat sebagai upaya pengobatan pasien.

Berdasarkan data per 1 Desember 2023, tercatat telah ada 45 orang yang terkonfirmasi positif cacar monyet di Jakarta. Lalu, 26 di antaranya telah selesai diisolasi atau dinyatakan sembuh.

Seluruh kasus cacar monyet di Jakarta berjenis kelamin laki-laki berusia 25-50 tahun dengan gejala ringan, yang sebagian besar tertular melalui kontak seksual.

Sementara, 16 pasien masih dalam isolasi di rumah sakit, serta 150 orang dengan hasil tes PCR negatif.

"Terus dipantau tren kasus sampai dengan minggu pertama Desember atau 21 hari dari risiko penularan event selebrasi atau hiburan yang terlaksana diantara 31 Oktober hingga 15 November ini," urai Ngabila.