Gelombang 3 Meter Hadang Pencarian 7 Penumpang Tenggelam KM Uty Star di Perairan Yapero, Papua
Personel Rescue SAR Timika kembali ke Dermaga Pelabuhan SAR Pomako (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Upaya pencarian 7 penumpang KM Uty Star yang dilaporkan tenggelam di Perairan Pulau Yapero, Kabupaten Mimika, Papua, terkendala cuaca buruk. Tim yang telah bersiap terpaksa kembali ke posko. 

Kepala Kantor SAR Timika George L Mercy Randang mengatakan, jajarannya telah mengerahkan satu tim rescue berjumlah 5 orang menggunakan RIB 400 PK menuju lokasi kecelakaan KM Uty Star di Perairan Pulau Yapero, Distrik Mimika Timur Jauh.

Hanya saja tim yang dipimpin oleh Kasubsi Siaga dan Operasi SAR Timika Syahril terpaksa kembali ke Posko Pelabuhan Dermaga SAR Pomako lantaran kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

"Laporan dari tim di lapangan, tinggi gelombang mencapai tiga meter sehingga tim tidak bisa tembus sampai di lokasi kejadian. Tim memutuskan kembali ke Dermaga SAR Pomako dan akan kembali melanjutkan pencarian pada esok pagi pukul 06:00 WIT," kata George dilansir Antara, Selasa, 16 Februari malam. 

Kecelakaan laut yang menimpa KM Uty Star di Perairan Pulau Yapero, dekat Kampung Otakwa tersebut, dilaporkan ke Kantor SAR Timika pada Selasa petang oleh seorang warga bernama Faisal.

Kasus kecelakaan laut di wilayah perairan Mimika hingga Asmat cukup sering terjadi akhir-akhir ini, terutama menimpa perahu nelayan pencari ikan.

Sebagian besar penyebab kecelakaan laut itu akibat cuaca buruk, yaitu gelombang tinggi disertai angin kencang, menyebabkan perahu terbalik.