Sri Mulyani: TNI dan Polri Berperan Penting dalam Stabilitas Ekonomi di Tengah Pandemi COVID-19
Ilustrasi TNI dan Polri. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan TNI dan Polri yang merupakan dua institusi yang memainkan peranan penting dalam menjaga stabilitas dan keberlangsungan pembangunan di Indonesia.

“Agar program vaksinasi bisa berjalan hingga mencapai herd immunity, maka diperlukan dukungan semua pihak. Saya rasa TNI-Polri menjadi institusi yang akan banyak diandalkan untuk melaksanakan tugas dari mulai penjagaan protokol kesehatan hingga nanti keberlangsungan dan suksesnya program vaksinasi,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa, 16 Februari.

Selain penguatan kemampuan pertahanan, dua institusi ini disebut Menkeu dapat mendorong ketertiban bidang-bidang prioritas pembangunan dengan harapan ikut berdampak positif dalam proses pemulihan ekonomi secara umum.

“TNI-Polri berperan strategis menciptakan stabilitas ekonomi, dan ini merupakan langkah apa yang disebut necessary condition, kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum kita bisa menciptakan pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Sri Mulyani juga membeberkan bahwa anggaran Kementerian Pertahanan/TNI dan Polri selalu mendapatkan prioritas yang sangat tinggi dalam APBN agar dapat dibelanjakan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan nasional.

“Tantangan ke depan kita adalah tetap menjaga agar perekonomian dan juga negara kita untuk bisa mengatasi pandemi, karena kalau ini tidak tertangani maka bisa menjadi ancaman di bidang sosial ekonomi dan bahkan ketahanan pertahanan dan keamanan negara,” katanya.

“Dukungan dari TNI-Polri menjadi sangat penting agar perekonomian dan negara Indonesia bisa terus berkembang dan maju menjadi negara yang berpendapatan tinggi,” tutup Menkeu.