Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin 27 November dijadwalkan menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara Nawawi Pomolango yang akan digelar di Istana Negara, Jakarta.

Nawawi dilantik jadi ketua KPK sementara seusai Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Saat ini SYL juga sudah ditahan di rutan KPK.

"Direncanakan ada agenda pengucapan sumpah atau janji Bapak Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara di hadapan Presiden Joko Widodo," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dikutip ANTARA, Senin, 27 November.

Presiden Jokowi diketahui telah menandatangani surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 116 tanggal 24 November 2023 terkait pemberhentian Firli Bahuri sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara setibanya di Jakarta seusai melakukan kunjungan kerja dari Kalimantan Barat.

Agenda Jokowi berikutnya adalah melantik gubernur Provinsi Riau. Berdasarkan informasi, rencananya Jokowi akan melantik Plt. Gubernur Riau Edy Natar Nasution sebagai gubernur Riau definitif.