Bagikan:

JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD mengatakan, jika penegakan hukum dilakukan dengan benar, maka setengah permasalahan bangsa tuntas.

Menurutnya, kepastian dan penegakan hukum ke atas serta perlindungan hukum bagi masyarakat kecil merupakan hal penting untuk memastikan kemakmuran. juga keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hal itu sesuai dengan komitmen visi dan misi Ganjar-Mahfud yang akan memberikan jaminan hukum seluas-luasnya bagi rakyat dalam memperjuangkan hak-hak konstitusionalnya.

"Ke bawah ke rakyat kecil yang hak-haknya selalu dirampas tanpa alasan hukum yang benar, itu kita berikan perlindungan hukum. Jadi ke atas penegakan dan kepastian, ke bawah perlindungan itu saja arahnya nanti. Kalau itu sudah bisa dilaksanakan dengan baik, maka saya kira hampir semua persoalan penegakan hukum itu bisa diatasi," kata Mahfud MD, Jumat 14 November.

Mahfud MD juga menyoroti persoalan integritas para aparat penegak hukum yang bermasalah. Menurutnya, perlu adanya kepemimpinan yang kuat atau strong leadership di dalam penegakan hukum.

Menurut Mahfud MD, beragam persoalan penegak hukum telah mencoreng konstitusi di Indonesia. Sering kali aparat penegak hukum menjadi mafia kasus, bahkan melakukan tindak pidana korupsi.

Dikatakan, aparat hukum merupakan salah satu dari tiga komponen pembangunan hukum yang menentukan berhasil tidaknya penegakan hukum di suatu negara. Sementara itu, dua komponen lainnya, adalah substansi hukum (legal substance), dan budaya hukum (legal culture).

"Legal substance, isi aturan hukum kita sudah banyak, bagus-bagus. Masalahnya mungkin ada tumpang tindih, tetapi semua apa pun yang kita butuhkan sudah ada aturannya. Namun, masalahnya ada di legal structurenya. Aparat penegak hukum kita tadi yang korup itu," jelas Mahfud MD.

Mahfud MD mengungkapkan, strong leadership di dalam penegakan hukum merupakan seorang pemimpin yang berintegritas, jujur, bermoral, dan mampu mengelola perubahan untuk menguatkan misi lembaga tersebut dan menciptakan harapan dari masyarakat.

"Sehingga kalau Anda tanya kepada saya terus mulai dari mana? Itu tadi mulai dari strong leadership di dalam penegakan hukum. Arahnya ke mana? Satu ke atas kepada para pebisnis, kepada para pejabat itu harus dilakukan penegakkan hukum dan kepastian hukum," ungkap dia.

Tanpa adanya hal tersebut, maka yang tersisa hanyalah harapan kecil bagi kepercayaan dan legitimasi untuk dirasakan oleh masyarakat.