Ganjar Bakal Maksimalkan Potensi Wisata hingga SDM di Papua Usai Berkunjung ke Piaynemo
Calon Presiden Ganjar Pranowo (Foto: DOK VOI-Wardhany Tsa Tsia)

Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo berencana memaksimalkan potensi Papua saat mengunjungi Piaynemo, Desa Pam, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya pada hari ini, Selasa, 21 November. Ia menyempatkan diri menikmati keindahan gugusan pulau karst dengan laut biru.

"Ini adalah salah satu potensi di tanah Papua dengan segala keindahan dan keramahannya,” kata Ganjar dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 21 November.

“Maka kita perlu siapkan SDM unggul, kelola pariwisata dengan baik, tapi satu yang masih mereka harapkan, infrastruktur, interkoneksi, sehingga bisa membikin orang datang lebih mudah, lebih cepat dan tentu saja harganya lebih bersaing," sambungnya.

Eks Gubernur Jawa Tengah itu bilang Papua Barat memiliki potensi besar. Namun, butuh tindakan khusus dan dukungan infrastruktur untuk mengoptimalkan keindahan di sana.

"Saya kira iya, dan memang ini PR khusus yang mesti diberikan, butuh lebih banyak tindakan khusus atau tindakan afirmasi untuk Tanah Papua," tegasnya.

Lebih lanjut, Ganjar sempat memuji Piaynemo. Katanya, lokasi itu indah dan banyak didatangi turis mancanegara.

Politikus PDIP itu bahkan bercerita ketika dirinya sempat bertemu dengan wisatawan luar berasal dari Italia. Kata Ganjar, mereka datang untuk menyepi jauh dari keramaian.

“Kita ketemu banyak sekali turis dari Itali, mereka ternyata mau stay di tempat yang sunyi sepi dan kemudian dia bisa menikmati, itu tentu saja itu sesuatu yang sangat unik yang ada disini," pungkasnya.