Meski Belum Rata-rata Nasional, BNPT Ungkap Indeks Potensi Radikalisme Kalsel Membaik
Ilustrasi penolakan radikalisme. (Antara-Maulana Surya)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Teorisme (BNPT) menyampaikan angka indeks potensi radikalisme (IPR) Kalimantan Selatan (Kalsel) membaik.

Subkoordinator Penelitian dan Evaluasi BNPT Teuku Fauzansyah mengatakan IPR Kalsel sebelumnya 10,4 kini turun menjadi 10,2.

"Penurunan IPR termasuk juga terkendalinya indeks risiko terorisme (IRT) di Kalsel ini sudah cukup bagus dibandingkan dengan sejumlah provinsi lain yang masih tinggi," katanya saat menerima kunjungan kerja Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalsel dan Kesbangpol Kalsel di kantor BNPT di Bogor, Senin 20 November, disitat Antara.

Teuku berharap potensi IPR dan IRT di Kalsel terus mengalami penurunan hingga di bawah rata-rata nasional yang saat ini sebesar 10.0.

Menurut dia, peran besar FKPT yang menjadi kepanjangan tangan BNPT di daerah sangatlah menentukan dalam memasifkan upaya pencegahan.

"Kami yakin dan optimis FKPT Kalsel mampu melakukannya karena selama ini telah banyak berinovasi dalam upaya pencegahan dengan segala inovasinya," ujarnya.

Teuku pun mengapresiasi kehadiran FKPT Kalsel selama ini didukung penuh Kesbangpol yang dinilainya aktif berkegiatan.

Termasuk kunjungan kerja ke kantor BNPT, baru dua daerah yang melakukannya, pertama FKPT Jepara dan FKPT Kalsel.Sementara Ketua FKPT Kalsel Aliansyah

Mahadi mengatakan kunjungan kerja ke BNPT untuk menggali informasi terkait pembentukan FKPT di kabupaten atau kota.

Diketahui saat ini Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar sudah siap membentuk FKPT dalam upaya pencegahan radikalisme dan terorisme di daerah agar lebih intensif.