Alam Ganjar Anggap Komersialisasi Seni Masih Jadi Pekerjaan Rumah
Anak calon presiden (capres) Ganjar Pranowo, Alam Ganjar (Foto: DOK VOI/Wardhany Tsa Tsia)

Bagikan:

JAKARTA - Anak calon presiden (capres) Ganjar Pranowo, Alam Ganjar mengatakan karya seni khususnya seni rupa masih jadi hobi yang eksklusif. Sehingga dia menilai semua harus duduk bersama untuk mencari jalan keluar mengomersialkan produk ini untuk menyejahterakan seniman.

Hal ini disampaikan Alam setelah dia menghadiri Art Jakarta pada hari ini, Jumat, 17 November. Acara seni rupa ini dilaksanakan di JiExpo Kemayoran, Jakarta.

“Yuk, bareng-bareng cari cara bagaimana bisa mengomersialkan seni. Karena sekarang seni kan, khususnya seni rupa menjadi salah satu, bisa dibilang hobi atau interest yang eksklusif ya. Enggak semua bisa akses,” kata Alam kepada wartawan di lokasi acara.

“Mungkin itu jadi PR bersama untuk mencari cara komersialisasi seni,” sambungnya.

Lebih lanjut, Alam mengaku dirinya merupakan salah satu penikmat seni. Sebab, siapapun bisa mengekspresikan dirinya termasuk anak muda.

Seperti di Art Jakarta, misalnya, dia melihat banyak anak muda yang berani bersuara lewat karyanya.

“Mereka enggak punya batasan dan juga enggak malu bagaimana mereka mengekspresikan diri. Entah itu misalkan ada sifat ekspresi yang lebih berwarna atau sifat ekspresi dari segi literasi misalnya social movement, political movement itu enggak ada batasan untuk berekspresi,” tegasnya.

“Jadi sebenernya seni menjadi platform atau medium teman-teman, anak muda khususnya. Meskipun di dalam tadi banyak pelukis senior itu mereka tetap menyuarakan pendapatnya melalui karya seni,” pungkas anak eks Gubernur Jawa Tengah tersebut.