Empat Jenazah Awak Pesawat TNI Jatuh di Pasuruan Dievakuasi
Tangkapan layar - Pesawat tempur Super Tucano milik TNI AU yang jatuh sekitar pukul 11.18 WIB di kawasan Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023). ANTARA/Handout video amatir/aa.

Bagikan:

PASURUAN - Tim gabungan TNI-Polri, BPBD dan Basarnas akhirnya berhasil mengevakuasi empat korban jatuhnya dua pesawat TNI AU di sekitaran dataran tinggi Gunung Bromo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Empat orang itu merupakan pilot dan copilot pesawat tersebut.

"Total ada empat orang dalam dua pesawat yang jatuh itu. Jadi, satu pesawat masing-masing ada dua orang," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Gatot Soebroto, Kamis, 16 November.

Gatot menrgaskan empat orang itu ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Kondisi tubuh juga diketahui dalam keadaan utuh. "Jenazah sudah dievakuasi, dan sudah kita serahkan ke pihak TNI AU," katanya.

Gatot menyebut kedua pesawat itu jatuh di wilayah Kabupaten Pasuruan, namun lokasi berjauhan. Satu pesawat jatuh di sekitaran area perhutani blok watugedek, masuk Kecamatan Lumbang. 

"Untuk pesawat satunya jatuh di area  Taman Nasional Bromo TenggeR Semeru (TNBTS) di sekitaran Gunung Kundi, perbatasan Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo," ujarnya.