Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut terdapat empat kantong parkir di sekitar Gelora Bung Karno (GBK) yang disediakan bagi penonton konser Coldplay.

"Panitia menyiapkan lokasi parkir di Hotel Mulia, Hotel Fairmont, TVRI dan FX Sudirman," kata Syafrin kepada wartawan, Rabu, 15 November.

Syafrin mengungkapkan pihaknya tak melakukan rekayasa lalu lintas khusus saat konser Coldplay digelar. Namun, terdapat pengaturan lalu lintas oleh petugas di lapangan. Apabila ada pengalihan arus lalu lintas di sekitar GBK, hal itu hanya bersifat situasional kondisi lapangan.

"Kami mengimbau agar penonton yang akan hadir agar menggunakan angkutan menuju Stadion Gelora Bung Karno, di mana waktu layanan angkutan umum massal akan ditambah," ucap Syafrin.

Untuk menunjang mobilitas penonton konser Coldplay, PT MRT Jakarta memperpanjang jam operasional keretanya. Hari ini, jam operasional kereta MRT dimulai pukul 05.00 WIB hingga 01.30 WIB keesokan harinya atau 16 November 2023.

Headway kereta berlangsung setiap 5 menit pada pukul 07.00-09.00 WIB, dan pukul 17.00-19.00 WIB. Lalu, headway 10 menit pada pukul 09.00—17.00 WIB, dan pukul 19.0-01.30 WIB.

Kemudian, Transjakarta juga memperpajang jam operasional bus pada 3 rute saat gelaran konser Coldplay di GBK. Ketiga layanan yang mengalami penyesuaian adalah Kalideres–GBK (3F), Pinang Ranti–GBK (9C), Tanjung Priok–Blok M (10H).

Ketiga layanan ini merupakan rute yang melintas dan terintegrasi dengan layanan menuju GBK lainnya akan diperpanjang hingga pukul 01.00 WIB dari sebelumnya beroperasi hingga pukul 22.00 WIB.

Selama ini, terdapat layanan bus Amari Transjakarta yang telah beroperasi 24 jam di 13 koridor. Namun, layanan tersebut memiliki jarak waktu antarbus (headway) selama 30 menit.

Konser Coldplay Music of The Spheres World Tour diperkirakan menghadirkan 70 ribu penonton yang akan memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat hari ini.

Ganda Syahputra selaku Humas GBK mengimbau, penonton untuk mengutamakan penggunaan transportasi umum saat hendak menyaksikan Chris Martin cs.

“Untuk akses menuju ke GBK, kami imbau kepada seluruh calon pengunjung untuk mengutamakan penggunaan transportasi umum, karena GBK sudah banyak didukung oleh berbagai transportasi umum,” kata Ganda Syahputra.

Pasalnya, GBK akan membatasi akses kendaraan yang masuk kawasan hari ini. Nantinya, pejalan kaki akan menjadi prioritas utama. “Pada hari H, kawasan GBK juga hanya akan bisa diakses untuk pejalan kaki. Jadi, untuk yang membawa kendaraan pribadi ataupun pengguna ojek online dan sebagainya, hanya akan bisa drop off di pintu luar kawasan,” lanjutnya.