Raja Charles III Luncurkan Proyek Pangan untuk Rayakan Ulang Tahun ke-75
Raja Charles III saat menggelar acara dengan staf NHS. (Twitter/@RoyalFamily)

Bagikan:

JAKARTA - Raja Inggris Charles III meluncurkan skema baru untuk mengatasi kemiskinan pangan dan membantu mengurangi jutaan ton makanan yang terbuang, saat merayakan ulang tahunnya yang ke-75 Hari Selasa.

Program yang memiliki misi untuk menghentikan kelaparan tersebut dinamakan 'Coronation Food Project'. Raja Charles III sendiri menghabiskan waktu lebih dari lima dekade sebagai juru kampanye isu-isu lingkungan dan pendukung ekonomi berkelanjutan.

"Kebutuhan makanan adalah masalah yang nyata dan mendesak seperti halnya limbah makanan. Jika sebuah cara dapat ditemukan untuk menjembatani kesenjangan di antara keduanya, maka hal itu akan mengatasi dua masalah sekaligus," tulis Raja Charles dalam sebuah artikel untuk "Big Issue", melansir Reuters 14 November.

Dikatakan, ada 14 juta orang di Inggris yang menghadapi kerawanan pangan. Raja Charles II mengatakan, "terlalu banyak keluarga dan individu yang tidak mendapatkan makanan bergizi, karena tekanan biaya hidup yang telah menyebabkan banyak orang menderita".

"Untuk menandai ulang tahun ke-75 saya di tahun Coronation ini, saya tidak dapat meminta hadiah yang lebih besar daripada Coronation Food Project yang menciptakan warisan abadi untuk membantu orang lain dan membantu planet ini," tulisnya, melansir Reuters 14 November.

Bersama istrinya, Ratu Camilla, Raja Charles III mengunjungi pusat distribusi makanan di Inggris tengah, di mana para staf dan sukarelawan menyanyikan lagu "Selamat Ulang Tahun" yang meriah untuknya.

Ada juga penghormatan senjata tradisional di London dan di seluruh negeri, sementara Perdana Menteri Rishi Sunak dan putra tertua Charles dan pewaris tahta Pangeran William mengunggah pesan di media sosial, mengucapkan selamat ulang tahun kepada raja.

Diketahui, Raja Charles III juga menjadi tuan rumah resepsi pada Hari Selasa untuk menandai pekerjaan perawat dan bidan, bagian dari acara yang menandai 75 tahun Layanan Kesehatan Nasional (NHS).