Riwayat Kesehatan Raja Charles III Sebelum Kanker: Ada Tumor dan Jari Sosis
Raja Inggris Charles III. (Twitter/@RoyalFamily).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Istana Buckingham menyatakan Raja Charles III (75) dari Kerajaan Inggris didiagnosa mengidap penyakit kanker. Apa saja riwayat kesehatan Raja Charles III sebelum kanker? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sebelumnya, Istana Buckingham pada Senin, 5 Februari 2024, menyampaikan bahwa Raja Charles sebenarnya mendatangi rumah sakit London untuk menjalani pengobatan pembesaran prostat jinak pada bulan lalu. Akan tetapi, tes yang dilakukan turut mendeteksi adanya kanker di tubuh Raja Charles.

Pihak kerajaan tidak menjelaskan secara detail soal jenis kanker yang diderita Raja Charles. Mereka hanya menegaskan bahwa bentuk kanker yang dideteksi bukanlah kanker prostat.

Riwayat Kesehatan Raja Charles III Sebelum Kanker

Sebelum menjalani pengonatan prostat jinak di rumah sakit London, Raja Charles III secara umum memiliki kesehatan yang baik.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa masalah kesehatan yang pernah diderita Raja Charles III sebelum didiagnosis penyakit kanker.

1. COVID-19

Raja Charles III tercatat sempat terkena penyakit COVID-19. Gangguan kesehatan ini terjadi pada Maret 2020.

Charles yang saat itu berusia 71 tahun tertular COVID-19 sebelum vaksin COVID-19 tersedia. Akan tetapi, ia hanya mengalami gejala ringan.

Berdasarkan laporan The Guardian, Charles diisolasi di Birkhall, Aberdeenshire, jauh dari sang istri Camilla yang negatif COVID-19. Kendati indra perasa dan penciumannya hilang, Charles tetap menjalankan pekerjaannya dengan baik.

Pada Februari 2022, Charles kembali tertular virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19 meski telah menerima tiga vaksinasi.

2. Tumor non-kanker dan Hernia

Pada 2008, Charles menjalani pengangkatan tumor nonkanker dari pangkal hidungnya. Selain itu, dia juga sempat menjalani operasi hernia di rumah sakit swasta King Edward VII di London pada 2003.

Hernia merupakan benjolan yang muncul akibat keluarganya organ dalam tubuh melalui jaringan di sekitarnya yang melemah.

3. Jari sosis

Penyakit ‘jari sosis’ yang diderita Charles sempat jadi perbincangan publik ketika ia dinobatkan sebagai Raja Kerajaan Inggris pada Sabtu 6 Mei 2023. Dalam penobatan tersebut, jari-jari tangan Raja Charles III terlihat bengkak, sehingga terlihat mirip jari sosis.

Perihal jari tangan yang seperti sosis, sebenarnya Charles pernah menyampaikannya ke publik pada 2012. Kala itu, ia sempat bercanda mengenai ‘jari sosis’ setelah melakukan perjalanan panjang dari Australia.

4. Sakit punggung

Rasa sakit di area punggung yang diderita Raja Charles III disebabkan terlau banyak jatuh dari kuda selama bertahun-tahun. Meski begitu, ia tetap aktif berjalan di bukit dan berkebun.

Selain itu, Charles juga tidak pernah melakukan perjalanan wisata kerajaan tanpa bantal khusus yang dapat meredakan sakit punggung. Bantal beludru merah miliknya selalu diletakkan di kursi raja selama jamuan makan kenegaraan di Istana Buckingham.

5. Cedera akibat olahraga polo

Menurut pemberitaan ABC News, Charles pensiun bermain polo pada 2005. Ia sudah menekuni olahraga ini selama 40 tahun.

Charles merupakan pemain polo aktif dan menderita berbagai cedera selama bertahun-tahun berolahraga.

Pada 1980, Charles dilempar dan ditendang oleh kuda poninya ketika pertandingan polo di Windsor, Inggris, hingga membutuhkan enam jahitan di pipi.

Tak hanya itu, dia juga menjalani beberapa operasi setelah lengan kanannya patah akibat terjatuh di pertandingan polo, serta cedera lutut kiri dalam pertandingan lainnya pada 1990-an.

Pada 2001, Charles dilarikan ke rumah sakit karena pingsan. Ia terlempar dari kudanya dalam pertandingan polo bersama Pangeran William dan Pangeran Harry.

Demikian informasi tentang riwayat kesehatan Raja Charles III sebelum kanker. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.