Sah! Jokowi Lantik Gubernur Sulawesi Utara dan Kalimantan Utara
Pelantikan di Istana Negara (Foto: Tangkapan Layar)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dua kepala daerah hasil dari Pilkada 2020. Pelantikan ini dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Senin, 15 Februari.

Disiarkan dari YouTube Sekretariat Presiden, acara pelantikan ini dimulai pukul 09.00 WIB. Acara diawali dengan penyerahan petikan keputusan presiden yang lebih dulu diterima oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara terpilih, Zainal Arifin Paliwang dan TP Yansen. 

Selanjutnya, penyerahan juga dilakukan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara terpilih, yaitu Olly Dondokambey dan Steven O.E. Kandouw. 

Dalam acara penyerahan itu, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pelantikan terhadap dua pasang kepala daerah ini.

Pelantikan terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara didasari dengan Keputusan Presiden Nomor 19P/2021. Sementara terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara didasari Keputusan Presiden Nomor 21P/2021.

Setelah petikan Kepres dibacakan, acara dilanjutkan dengan pengucapan sumpah yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dan didampingi para rohaniwan.

"Bersediakah saudara-saudara bersumpah janji menurut agama masing-masing?" tanya Jokowi sebelum memimpin pengambilan sumpah dua pasang kepala daerah tersebut.

"Bersedia," jawab mereka.

Kemudian, pengucapan sumpah jabatan dilakukan dan dilanjutkan dengan pemberian selamat yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan diakhiri dengan berfoto bersama.

Diketahui, KPU Sulawesi Utara menetapkan Olly Dondokambey dan Steven O.E Kandouw sebagai pemenang pada Pilkada Sulawesi Utara 2020. Pasangan yang didukung PDI Perjuangan dan didukung Partai Gerindra, PKB, Perindo, PPP dan PSI ini, dinyatakan menang dengan perolehan 821.503 suara.

Sementara, KPU Kalimantan Utara menetapkan pasangan Zainal Arifin Paliwang-Yansen TP sebagai pemenang di Pilkada Kalimantan Utara dengan meraih 145.778 suara. Pasangan ini didukung PDIP, Partai Demokrat, PPP, PKB, Partai Gerindra, Partai Gelora, dan PKPI.