Jokowi Bakal Lantik Kepala Badan Otorita IKN dan Gubernur Sulawesi Selatan Besok
Presiden Jokowi/YouTube Sekretariat Presiden

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kepala dan Wakil Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 10 Maret, besok.

Tak hanya itu, di saat yang bersamaan Presiden Jokowi juga akan melantik Gubernur Sulawesi Selatan definitif Andi Sudirman Sulaiman menggantikan Nurdin Abdullah yang terjerat kasus korupsi.

"Iya (besok dilantik, red)," kata sumber VOI di lingkungan pemerintahan Presiden Jokowi melalui pesan singkat, Rabu, 9 Maret.

Jokowi memang menutup rapat siapa yang akan duduk sebagai Kepala dan Wakil Kepala Badan Otorita IKN Nusantara. Hanya saja, dikabarkan sosok yang dilantik sebagai Kepala Otorita IKN adalah Bambang Susantono.

Bambang merupakan mantan Wakil Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014. Tak hanya itu, dia juga pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian.

Selain itu, Bambang juga dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi memang telah merencanakan akan melantik Kepala Badan Otorita dalam Maret ini. Informasi tersebut ia sampaikan sendiri saat menghadiri peresmian Tower NasDem di Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

"Secepatnya, mungkin minggu depan kita akan lantik," kata Jokowi pada Selasa, 22 Februari lalu.

Saat itu, Jokowi menyebut calon kepala otorita IKN Nusantara itu bakal diisi sosok yang bukan berasal dari partai politik. Namun, eks Gubernur DKI Jakarta itu tidak menyebutkan secara gamblang nama calon kepala badan otorita IKN yang sudah ada di kantongnya.

"Non-parpol,” sebutnya