Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Survei Populi Center merilis hasil survei terbaru terkait dengan penyelenggaraan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Mayoritas masyarakat menginginkan agar Pilpres yang akan dilaksanakan pada 14 Febuari 2024 mendatang digelar cukup satu putaran. 

Manajer Public Opinion Populi Center, Hartanto Rosojati mengungkapkan sebesar 64,9 persen masyarakat atau responden ingin agar pelaksanaan Pilpres digelar satu putaran.

"Sementara sebesar 26,9 persen menjawab dua putaran, dan 4 persen menjawab tidak masalah satu atau dua putaran," ujar Hartanto di kantor Populi Center, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis, 9 November. 

"Sisanya sebesar 4,2 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab pertanyaan ini," sambungnya.

Dalam survei tersebut juga diberikan pertanyaan terkait keyakinan Pilpres akan selesai dalam satu putaran. Sebesar 63,9 persen responden menjawab yakin.

"Sangat yakin 10,4 persen dan yakin 53,5 persen. Sementara sebesar 31,3 persen tidak yakin (tidak yakin 28,8 persen dan sangat tidak yakin 2,5 persen). Sisanya menjawab tidak tahu atau tidak menjawab (4,8 persen)," kata Hartanto.

Survei Populi Center dilakukan pada 29 Oktober-5 November 2023 terhadap 1.200 responden. Survei dilakukan melalui tatap muka dengan aplikasi Populi Center.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling dengan margin of error ±2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.