Terpilih Presiden, Ganjar Janji Beri Perhatian Penuh untuk Daerah Luar Jawa
Capres PDIP Ganjar Pranowo (istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo berencana memberikan perhatian penuh kepada daerah di luar Pulau Jawa agar tidak terjadi ketimpangan sosial. Jika terpilih nanti, ia akan melakukan pembangunan dan pemerataan kesejahteraan daerah luar pulau Jawa.

"Kita membangun di daerah-daerah yang betul-betul yang luar jauh, mesti mendapatkan perhatian," kata Ganjar Pranowo seusai menghadiri acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Gedung Bank Mega, Mampang, Jakarta Selatan, Rabu 8 November.

Masalah ketimpangan sosial saat ini masih terjadi, karena hanya Pulau Jawa, terutama Jakarta yang memiliki pembangunan masif dan pemerataan kehidupan masyarakat.

Berbagai akses kebutuhan masyarakat Indonesia seperti pendidikan, akses transportasi, dan internet begitu mudah didapatkan di Pulau Jawa.

Dikatakan Ganjar, memang pemerintah saat ini telah mencoba untuk mengatasi ketimpangan sosial tersebut. Dalam mengatasi ketimpangan sosial, tidak terlepas dari adanya pembahasan anggaran di setiap sektor.

"Sekarang pemerintah sudah melakukan itu tinggal kita dorong pendidikannya di sana masih bagus, tindakan afirmatif dilakukan di sana, perhatian sisi politik anggaran juga mesti ditingkatkan," ucap Ganjar.

Ganjar akan membangun ekosistem baru di daerah luar Pulau Jawa yang belum mendapatkan pemerataan. Dengan begitu, masalah ketimpangan sosial dapat teratasi.

"Atau barangkali membangun ekosistem baru di sana. Kemudian ekosistem tumbuh juga di luar Pulau Jawa, maka dari itu ketimpangannya bisa kita perkecil," terangnya.