<i>Dear</i> Dito Ariotedjo Kemenpora Baru, Pak Ganjar Berharap Atlet Difabel Tetap Diperhatikan
Ilustrasi - Atlet lompat jauh Indonesia Rica Oktavia melakukan lompatan pada nomor lompat jauh F20 ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan/ANTARA

Bagikan:

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo yang baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo dapat melanjutkan perhatian terhadap atlet difabel dari berbagai cabang olahraga.

“Mudah-mudahan Menpora baru juga punya perhatian khusus karena banyak atlet-atlet difabel kita ini yang jagoan dan hebat-hebat," katanya di Semarang, Antara, Selasa, 4 April. 

Menurut Ganjar, perhatian khusus bagi atlet difabel sangat penting mengingat apa yang sudah mereka berikan untuk dunia olahraga Indonesia, khususnya di kancah internasional.

Bahkan, banyak di antara atlet difabel ini yang mengharumkan nama bangsa dan negara dengan menjadi juara di berbagai ajang bertaraf internasional.

“Mudah-mudahan perhatiannya sama dengan atlet-atlet yang lain, sama saja itu sudah bagian dari penyetaraan ya. Pasti atlet para ini akan merasa bangga dan mudah-mudahan itu dilanjutkan dan digenjot,” ujarnya.

Hal penting lain yang tidak dilupakan oleh Ganjar adalah mengenai pengembangan dan pembinaan atlet difabel sehingga dirinya secara tegas memberikan dukungan penuh kepada pengembangan dan pembinaan atlet termasuk kesejahteraannya.

"Atlet difabel itu kan homebasenya ada di Jawa Tengah, di Solo ya. Kami dari pemerintah daerah, pemerintah kota, dan pemda di Soloraya juga semua support. Kami juga sebentar lagi akan memberangkatkan atlet SOIna ke Berlin. Kemarin juga sudah bertemu dengan Menpora lama dan kami menggalang dana," katanya.

Dito dilantik sebagai Menpora oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin kemarin berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 26/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menpora Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Dito menggantikan Zainudin Amali yang mengajukan surat pengunduran diri selaku Menpora sejak 9 Maret 2023 menyusul terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI 2023-2026.