Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah untuk terus meningkatkan 3T yaitu testing, tracing, dan treatment di tengah pandemi COVID-19.

Selama ini, dirinya selalu mengingatkan tentang perbaikan dan penguatan 3T ini. Hanya saja, semua hal ini tetap bergantung pada pelaksanaannya di lapangan.

Hal ini disampaikan Jokowi di hadapan para wali kota dan wakil wali kota yang hadir dalam acara pembukaan Munas IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Istana Negara, Jakarta.

"Sudah dua minggu ini saya tekankan terus masalah ini tapi tetap yang paling penting ada pelaksanaan di lapangan, pelaksanaan di lapangan yang paling penting itu," tegasnya saat membuka acara yang ditayangkan secara daring di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 11 Februari.

Selain itu, Jokowi meminta masyarakat yang kedapatan terpapar virus ini untuk segera diisolasi.

"Tes, lacak, kemudian isolasi ini penting. Kalau ditemukan yang terinfeksi virus langsung diisolasi. Siapkan isolasi terpusat kerja sama dengan Kementerian Kesehatan, BNPB, TNI, dan Polri," kata Jokowi 

Lebih lanjut, eks Gubernur DKI Jakarta ini juga menyebut dalam merawat pasien COVID-19 ada beberapa hal yang harus mendapatkan perhatian serius seperti penyediaan obat-obatan, hingga ketersediaan tempat tidur rumah sakit.

"Kesiapsiagaan tenaga medis juga harus selalu dicek dan dimonitor. Jangan ragu kalau memang dirasa kurang, jangan ragu untuk meminta bantuan dari pemerintah pusat, TNI dan Polri," tutupnya.