Kepolisian Nagasaki Jepang Izinkan Anggotanya Gunakan Kacamata Hitam saat Bertugas
Petugas Kepolisian Nagasaki menggunakan kacamata hitam. (Sumber: Kepolisian Prefektur Nagasaki)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Kepolisian di Prefektur Nagasaki, Jepang telah menyetujui penggunaan kacamata hitam oleh anggotanya saat bertugas, dengan memprioritaskan menjaga kesehatan dan keselamatan mereka dibandingkan kekhawatiran terhadap penampilan.

Petugas polisi di prefektur yang terletak di barat daya Jepang tersebut sebelumnya tidak dilarang mengenakan kacamata hitam. Namun, polisi setempat sejak lama menahan diri untuk tidak memakainya, karena takut terlihat mengintimidasi penduduk setempat, kata mereka.

Dukungan resmi terhadap penggunaan kacamata hitam muncul pada 19 September lalu, antara lain bagi mereka yang mengemudikan kendaraan patroli.

Itu dilakukan setelah petugas mengungkapkan, mereka mengalami masalah saat mengemudi karena teriknya sinar matahari, sekaligus ingin melindungi mata mereka dari sinar ultraviolet.

"Kami memulai ini untuk mencegah kecelakaan selama patroli dan mengurangi kerusakan pada kesehatan mata. Kami berharap masyarakat akan memahaminya," kata Yoshiteru Oba dari divisi urusan kepolisian masyarakat di Kepolisian Prefektur Nagasaki, dilansir dari Kyodo News 15 Oktober.

Diketahui, sebelum di Nagasaki, Kepolisian Prefektur Toyama, juga mengizinkan penggunaan kacamata hitam oleh anggotanya yang berdinas di bagian lalu lintas mulai Bulan Juli.