Bagikan:

JAKARTA - Liga Arab mendesak Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) Antonio Guterres untuk melakukan intervensi terhadap Israel yang sepihak meminta seluruh penduduk Gaza untuk pindah.

Seruan itu disampaikan Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmad Aboul Gheit buntut militer Israel mendikte seluruh penduduk Gaza pindah dari bagian selatan kantong Paletina itu.

Aboul Gheit menggambarkan tindakan Israel itu kejahatan perang. Menurutnya, Israel telah memainkan kampanye militernya yang brutal terhadap Jalur Gaza.

Dia juga menekankan bahwa arahan Isarael untuk evakuasi tersebut bakal menyebabkan penderitaan yang sangat besar bagi warga Palestina di Gaza.

Melansir Antara, Aboul Gheit menyebutkan, tuntutan Israel untuk memindahkan orang-orang Palestina dari Gaza adalah pelanggaran yang jelas terhadap Konvensi Jenewa Keempat, yang salah satunya mengatur larangan perpindahan penduduk secara paksa.

Lebih lanjut, dia meminta Dewan Keamanan PBB untuk mengutuk rencana Israel ini dan menghentikannya.

Sebelumnya, militer Israel mengatakan kepada PBB bahwa seluruh penduduk Gaza di utara Wadi Gaza harus pindahkan ke Gaza selatan dengan batas waktu 24 jam ke depan. Hal itu diungkapkan Juru Bicara PBB Stephane Dujarric dalam sebuah pernyataan pada Kamis 9 Oktober malam waktu setempat.