Bagikan:

JAKARTA - Bupati Administrasi Kepulauan Seribu Junaedi mengaku bahwa pelayanan kesehatan masyarakat di wilayahnya masih kurang optimal.

Wilayah kepulauan Jakarta ini diketahui hanya memiliki rumah sakit umum daerah (RSUD) tipe D. Tipe RSUD di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang ini hanya sekelas puskesmas rawat inap.

Hal ini diungkapkan Junaedi dalam rapat pembahasan rancangan APBD tahun anggaran 2024 bersama DPRD DKI Jakarta.

“Saat ini kita hanya punya RSUD tipe D ya yang ingin saya tingkatkan ke Tipe C," kata Juanedi dalam keterangannya, dikutip Kamis, 12 Oktober.

Atas dasar itu, Junaedi mengaku Pemkab Kepulauan Seribu telah mengajukan pembiayaan pembangunan RSUD tambahan agar pelayanan kesehatan warga bisa lebih ditingkatkan.

"Sudah saya usulkan dan kami siapkan lahannya di Pulau Karya,” ucap Junaedi.

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono memandang bahwa pelayanan kesehatan di Kepulauan Seribu lebih tertinggal dari lima kota administrasi DKI Jakarta.

Karenanya, Mujiyono menyebut DPRD DKI mendukung usulan Bupati Kepulauan Seribu untuk menambah jumlah RSUD dengan kelas lebih tinggi dibanding tipe D.

“Makanya dengan adanya usulan saya untuk dibangun rumah sakit tipe C (RSUD) diharap mampu memperbaiki pelayanan kesehatan,” ungkap Mujiyono.

Usulan pembangunan RSUD tipe C itu, sambung Mujiyono akan disampaikan dalam rapat Badan Anggaran pada fase pendalaman Raperda APBD tahun anggaran 2024 bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Nanti di Banggar akan dilakukan pembahasan terhadap keterlibatan Dinas kesehatan,” imbuhnya.