Kualitas Udara Memburuk, Pemkot Pekanbaru Terbitkan Edaran Penggunaan Masker
Ilustrasi aktivitas masyarakat menggunakan masker (ANTARA)

Bagikan:

PEKANBARU - Bencana kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru sejak beberapa hari belakangan membuat kondisi udara menjadi tidak sehat dan bisa berdampak buruk terhadap kesehatan warga terutama orang tua dan anak-anak.

Untuk mengantisipasi hal itu, Pemerintah Kota Pekanbaru telah menerbitkan surat edaran yang ditujukan kepada seluruh camat, lurah, dan seluruh masyarakat Kota Pekanbaru untuk menggunakan masker dan mengurangi kegiatan-kegiatan di luar rumah.

"Himbauan kita, apabila nanti ada perkembangan kondisi udara di Kota pekanbaru semakin memburuk, maka kita akan mengambil sikap apakah perlu anak-anak sekolah TK dan SD kita liburkan. Tapi ini tetap menunggu perkembangan situasi di lapangan," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Rabu 4 Oktober.

Pemkot Pekanbaru juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan agar senantiasa menggunakan masker.

"Kita minta masyarakat untuk menggunakan masker untuk menghindari penyakit yang timbul dari kabut asap," lanjut Indra.

Terkait meningkatnya penderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di kota Pekanbaru, Indra Pomi mengaku belum mendapatkan laporan dari puskesmas dan rumah sakit di Pekanbaru.

"Kalau ada masyarakat yang terdampak akibat kabut asap, agar dilayani dengan baik di puskesmas dan apabila dirujuk ke rumah sakit maka pasien tersebut akan kita tanggung menggunakan program Jaminan Kesehatan Kota Pekanbaru," pungkasnya.