Gerindra Tahu Ada Pertemuan SBY dan Jokowi di Istana Bogor, Demokrat Masuk Kabinet?
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (Foto: Nailin In Saroh/DOK VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengaku mengetahui adanya pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Bogor kemarin. 

Namun, Muzani mengaku belum mendapatkan bocoran apa yang dibahas keduanya, apakah ada hubungannya dengan reshuffle kabinet atau tidak yang saat ini kembali mengemuka di publik.  

"Saya tahu ada pertemuan antara pak SBY dan pak Jokowi di istana bogor. Tapi saya tidak tahu sama sekali sampai sekarang, bocorannya belum tahu, bisikannya belum ngerti apa yang dibicarakan," ujar Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 3 Oktober. 

Muzani juga mengaku belum mendengar informasi terkait reshuffle kabinet yang hendak dilakukan Jokowi dalam waktu dekat. Menurutnya, reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif presiden Jokowi. 

"Saya belum dengar, saya belum mendapat informasi tentang hal itu, tapi reshuffle itu kan hak prerogatif presiden. Dalam sistem pemerintahan presidensil, presiden berhak melakukan evaluasi kepada para pembantunya. Sehingga kalau presiden merasa perlu melakukan hal itu tentu itu bagian dari kewenangan presiden," katanya. 

Termasuk soal isu yang menyebut Partai Demokrat bakal bergabung ke pemerintahan Jokowi-Maruf, Muzani menilai itu kewenangan presiden. 

"Itu sepenuhnya kewenangan presiden untuk mengangkat siapa pembantunya dari partai apa dan sebagainya," katanya. 

Muzani mengatakan, pihaknya tidak mau berspekulasi soal Demokrat gabung pemerintah meski saat ini partai yang diketuai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu telah bergabung ke koalisi pendukung Prabowo Subianto. 

"Saya tidak bisa mengkira-kira, beri spekulasi, karena terus terang saya tahu dari berita, pak SBY bertemu dengan pak Jokowi. Tidak terinfokan karena memang baru kemarin sore," kata Muzani. 

Sebelumnya, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkonfirmasi bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat.

Berdasarkan pantauan wartawan, Jokowi sempat terlihat mengantar SBY hingga naik kendaraan di pelataran Istana Bogor usai pertemuan tersebut.

Keduanya tampak sama-sama mengenakan batik dan terlihat berbincang akrab menuju kendaraan. Belum diketahui pembahasan antara SBY dengan Presiden Joko Widodo dalam pertemuan itu.

Namun, pertemuan SBY dengan Jokowi terjadi di tengah makin menghangatnya suhu politik di Tanah Air menjelang pendaftaran bakal calon presiden dan calon wakil presiden yang disepakati maju mulai 19 Oktober 2023.

Selain itu, kabar pertemuan tersebut juga terjadi di tengah mencuatnya isu perombakan (reshuffle) kabinet karena dugaan keterlibatan dua menteri Kabinet Indonesia Maju dalam kasus hukum.