Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Djarot Saiful Hidayat angkat bicara soal isu kadernya, Gibran Rakabuming Raka bakal menjadi calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto. Dia justru mempertanyakan isu tersebut.

"(Kalau Gibran jadi cawapres Prabowo, red) yang menjadikan siapa? Yang minang siapa?" kata Djarot kepada wartawan di JIExpo Kemayoran, Jakarta yang dikutip Senin, 2 Oktober.

Djarot bilang urusan semacam ini sebaiknya dijawab langsung kepada Gibran maupun yang punya keinginan tersebut. "Tanya pada yang meminang, tanya pada yang dipinang mau atau tidak," tegasnya.

Lebih lanjut, Djarot mengatakan PDIP menyerahkan keputusan soal pemilihan presiden (pilpres) ke tangan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri. Termasuk soal siapa cawapres yang akan mendampingi calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

"PDIP sekali lagi prinsipnya menyerahkan sepenuhnya bakal cawapres kepada ketua umum ya, kepada Ibu Mega dan kemudian berdialog dengan para ketua umum partai, berdialog dengan Bapak Jokowi, berdialog dengan akar rumput, dan berdialog dengan Tuhan Yang Maha Esa," ungkapnya.

"Karena ini pilihannya dengan mata hati juga, ya, untuk kepentingan bangsa dan negara," sambung Djarot.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo menyebut sebagai sosok bakal calon wakil presiden yang ideal jika dipasangkan dengan bakal calon presiden Prabowo Subianto. Meskipun, dia dianggap kurang pengalaman.

"Mengenai sosok Cawapres Pak Prabowo, saya kira pertama bukan rahasia lagi bahwa Mas Gibran adalah salah satu bakal calon wakil presiden," ujarnya di Surabaya, Jumat, 29 September.

"Apakah dia ideal, cawapres ideal? saya kira ini semua tergantung pada keputusan MK (Mahkamah Konstitusi) yang kita semua nantikan. Tapi, saya kira semua ideal," sambung Hashim.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengaku tak masalah Gibran Rakabuming Raka digoda jadi cawapres. Katanya, keputusan sepenuhnya berada di tangan Wali Kota Solo itu.

“Ya, kan yang meminang kan punya pertimbangan tertentu. Tinggal yang dipinang mau atau enggak. Itu aja. Kan baru berandai-andai ini," kata Puan saat Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 30 September.

Gibran sebagai anak muda, sambung Puan, memang menjadi salah satu kandidat yang patut dipertimbangkan sebagai cawapres. Apalagi, ia punya prestasi sebagai kepala daerah.

“Jadi, jangan melihat muda tua atau kemudian laki atau perempuan. Semuanya punya kesempatan yang sama untuk bisa maju dan berjuang di kontestasi," ujar Ketua DPR RI tersebut.