Terpilih Sebagai Ketua Umum PWI 2023-2028, Hendry Ch Bangun Akan Lakukan Ini
Ketua PWI Pusat Terpilih Hendry Ch Bangun (batik) bersama mantan Ketua PWI Pusat Atal S Depari. (IST)

Bagikan:

Bandung - Pada Kongres ke-XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2023, Hendry Ch Bangun terpilih menjadi Ketua Umum PWI untuk periode 2023-2028. Pemilihan berlangsung di Hotel Kota Bandung, Jawa Barat, pada Rabu 27 September dini hari.

Pemilihan Ketum PWI melibatkan 3 kandidat, yakni Atal Sembiring Depari (petahana), Hendry CH Bangun, dan Zulmansyah Sekedang (Ketua PWI Riau). Pada putaran pertama, Atal S Depari berhasil meraih 40 suara, sementara Hendry mendapatkan 39 suara, dan Zulmansyah 9 suara.

Hendry Ch Bangun berhasil memenangkan pemilihan setelah putaran kedua dengan meraih 47 suara, mengungguli petahana Atal Sembiring Depari yang hanya memperoleh 41 suara.

Inilah hasil akhir pemungutan suara pada Kongres PWI ke-XXV di Bandung. (IST)
Inilah hasil akhir pemungutan suara pada Kongres PWI ke-XXV di Bandung. (IST)

Dalam sambutannya, Hendry yang pernah menjadi Wakil Ketua Dewan Pers periode 2019-2022 berjanji akan merangkul pengurus PWI daerah untuk bersama-sama membangun organisasi kewartawan tertua di Indonesia ini. Hal ini pula yang menjadi salah satu dari 10 visi dan misi yang disampaikannya.

Setelah terpilih, dalam pidatonya, Hendry Ch Bangun yang pernah menjadi Wakil Ketua Dewan Pers periode 2019-2022 mengucapkan terima kasih kepada wartawan PWI di seluruh Indonesia. Ia menggambarkan pemilihan ini sebagai tantangan besar untuk mewujudkan visi dan misi PWI di masa depan.

"Alhamdulillah, Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan PWI di Indonesia. Ini sebuah tantangan yang besar untuk mewujudkan visi dan misi PWI ke depannya. Pemilihan yang demokratis ini dapat dijadikan contoh demokrasi, dan PWI sebagai rumah bersama harus semakin kompak dan solid," ujar Hendry.

Hendry juga berbicara tentang rencananya untuk meningkatkan pendidikan dan kompetensi dalam PWI serta mengajak semua anggota PWI untuk bekerja sama membangun organisasi ini lebih baik lagi.

“Tentu saya memiliki ambisi untuk menjadikan organisasi PWI ini sebagai organisasi terbesar, tertua, dan paling banyak intelektualnya. Untuk memanfaatkan semaksimal mungkin agar kita kembali memiliki kejayaan sebagaimana terjadi di masa-masa lalu,” tambahnya.

Ada 38 provinsi di Indonesia dan semuanya memiliki PWI. "Kita akan lakukan berbagai kegiatan khususnya bidang pendidikan," tandas Hendry Ch Bangun.

Setelah pemilihan Ketum PWI ini dipilih juga Ketua Dewan Kehormatan (DK) yang dipercayakan kepada Sasongko Tedjo menggantikan Ilham Bintang. Hendry Ch Bangun berjanji dalam satu bulan ke depan susunan kepengurusan baru PWI Pusat akan terbentuk.