Presiden Jokowi Pastikan Akan Buka Kongres XXV PWI di Bandung
Presiden Jokowi akan membuka Kongres PWI di Bandung. (IST)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Jokowi akan membuka Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada Senin, 25 September 2023, di Bandung, Jawa Barat.

"Alhamdulillah, pihak Istana telah mengonfirmasi kehadiran Pak Presiden pada Rabu (20/9) siang," kata Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari, pada Rabu sore di Sekretariat PWI Pusat, Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih.

Kongres XXV PWI tahun 2023 telah disiapkan sejak Minggu (24/9) malam, dimulai dengan jamuan makan malam (welcome dinner) di Gedung Pakuan, kediaman resmi Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin.

Seminar Digital

Pada Senin pagi, sebuah seminar digelar di eL Hotel, tempat berlangsungnya Kongres, dengan menghadirkan Wamen Kominfo Nezar Patria, Taufan Eko Nugroho Rotosariko, dan Agus Sudibyo sebagai pembicara.

Setelah seminar, Presiden Jokowi akan secara resmi membuka Kongres.

Panitia Kongres XXV PWI tahun 2023 telah mengatur jadwal acara pembukaan Kongres Pemilihan PWI Pusat sesuai dengan kesediaan waktu Presiden Jokowi.

"Atas kesediaan beliau, kami sangat bangga. Presiden Jokowi selalu berusaha untuk memberi perhatian pada insan pers. Beliau juga membuka Kongres XXIV PWI di Solo pada September 2018, dan sebelumnya hadir dalam acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023 pada 9 Februari lalu di Medan, Sumatera Utara," ungkap Atal S. Depari.

Presiden Jokowi bersama insan pers. (IST)
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dan insan pers. (IST)

Didampingi oleh Sekjen PWI Pusat, Mirza Zulhadi, dan Ketua Panitia Pelaksana Kongres XXV PWI, Marthen Selamet Susanto, Atal S. Depari menjelaskan bahwa persiapan untuk pelaksanaan Kongres ini sudah mencapai 90 persen.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh teman-teman panitia di Jakarta dan Bandung yang terus bekerja sama untuk memastikan kelancaran pelaksanaan kongres ini," tambah Atal S. Depari, yang terpilih sebagai Ketua Umum PWI Pusat periode 2018-2023 pada Kongres XXIV PWI tahun 2018 di Solo, Jawa Tengah.

Diperkirakan bahwa sekitar 500 wartawan dari seluruh Indonesia akan menghadiri Kongres Pemilihan Ketua Umum PWI Pusat untuk masa bakti 2023-2028 ini.

Peserta resmi kongres berjumlah 105 orang, yang terdiri dari 3 pengurus dari 35 PWI Provinsi, serta perwakilan dari 4 PWI Provinsi baru, yaitu PWI Papua Tengah, PWI Papua Pegunungan, PWI Papua Selatan, dan PWI Papua Barat Daya.

Setiap PWI Provinsi juga diperbolehkan mengirim hingga 5 peninjau, bersama dengan pengurus lain sebagai pendukung. Undangan juga telah disampaikan kepada pimpinan Dewan Pers, perwakilan anggota konstituen Dewan Pers, serta pemimpin media.

Terkait