Ukraina - Amerika Serikat Bakal Luncurkan Produksi Senjata Bersama, Presiden Zelensky: Hal yang Bersejarah
Presiden Biden menerima kunjungan Presiden Zelensky. (Sumber: President.gov.ua)

Bagikan:

JAKARTA - Amerika Serikat dan Ukraina sepakat untuk meluncurkan produksi senjata bersama, memungkinkan Kyiv mulai memproduksi sistem pertahanan udara, kata Presiden Volodymyr Zelensky usai mengakhiri kunjungannya ke Negeri Paman Sam.

Dalam pidato sehari-harinya kepada warga Ukraina, Presiden Zelensky mengatakan perjanjian jangka panjang tersebut akan menciptakan lapangan kerja dan basis industri baru di Ukraina, saat perekonomian negara itu terpukul akibat invasi Rusia.

"Itu adalah kunjungan yang sangat penting ke Washington, hasil yang sangat penting," kata Presiden Zelensky dalam sebuah video yang diunggah di situs kepresidenan pada Hari Jumat, melansir Reuters 22 September.

"Dan perjanjian jangka panjang – kami akan bekerja sama sehingga Ukraina memproduksi senjata yang diperlukan bersama dengan Amerika Serikat. Produksi bersama di (sektor) pertahanan dengan Amerika Serikat adalah hal yang bersejarah," tandasnya.

Kyiv diketahui telah meningkatkan upaya untuk meningkatkan produksi senjata dalam negeri sebanyak mungkin, karena perang selama 19 bulan telah menciptakan permintaan besar akan senjata dan amunisi untuk menangkis serangan Rusia di garis depan sepanjang 1.000 km (620 mil). Serangan udara Rusia di Ukraina telah menyebabkan kerusakan luas dan menewaskan banyak orang.

Presiden Zelensky mengatakan, Kementerian Industri Strategis yang mengawasi produksi senjata di Ukraina, telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan tiga asosiasi, yang menyatukan lebih dari 2.000 perusahaan pertahanan AS, mengenai kemungkinan pekerjaan di masa depan di Ukraina.

"Kami sedang bersiap untuk menciptakan ekosistem pertahanan baru dengan Amerika Serikat, untuk memproduksi senjata guna memperkuat kebebasan lebih lanjut dan melindungi kehidupan bersama," ujar Presiden Zelensky tanpa mengungkapkan rincian lebih lanjut.

Ukraina sendiri sangat bergantung pada dukungan militer Barat. Untuk mengurangi ketergantungannya, Presiden Zelensky dan timnya telah mendorong reformasi di industri pertahanan dalam negeri untuk memodernisasi produsen lokal dan meningkatkan pasokan ke lini depan.

Beberapa waktu lalu, Pemimpin Kyiv mengatakan mereka akan segera menjadi tuan rumah forum produksi senjata internasional, yang mengundang perusahaan-perusahaan dari lebih dari 20 negara.

Pemerintah juga menerapkan reformasi di perusahaan produksi senjata utamanya – Ukroboronprom – untuk meningkatkan transparansi, meningkatkan kapasitas produksi dan memungkinkan pemerintah untuk bekerja sama secara lebih aktif dengan produsen Barat.

Sebelum dengan Negeri Paman Sam, Ukraina telah menyetujui beberapa proyek bersama dengan produsen Eropa untuk memperbaiki tank Ukraina dan kendaraan lainnya, serta berupaya mengembangkan produksi drone dan rudal.