Bagikan:

JAKARTA - Partai NasDem, PKS dan PKB telah menyusun kelompok kerja (Pokja) Koalisi Perubahan untuk memenangkan pasangan bakal capres dan cawapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin). 

Dalam pertemuan Koalisi Perubahan hari ini, Bacapres Anies Baswedan memperkenalkan sekaligus merubah nama badan pemenangan yang semula Tim 8 menjadi Badan Pekerja Anies-Imin atau disingkat BAJA AMIN. 

"Jadi tadi sifatnya adalah sifat konsolidasi, dan kita menjadi makin optimis karena begitu banyak yang sudah dikerjakan ya, nanti akan bisa kita lakukan lebih intensif, secara bersama-sama," ujar Anies Baswedan di Jakarta Selatan, Jumat, 22 September. 

"Kemudian ke depannya ada Badan Pekerja Anies-Imin atau AMIN. Jadi BAJA AMIN yang dibentuk BAJA AMIN ini akan menjadi badan yang melakukan sinkronisasi konsolidasi antarunsur dalam koalisi," lanjutnya.  

Anies menjelaskan, BAJA AMIN ini menggantikan peran dan tugas Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang sebelumnya dibentuk NasDem, PKS dan Demokrat. Nantinya, kata Anies, komunikasi antarpartai dalam Koalisi Perubahan akan dilakukan di BAJA AMIN.

"Ini menggantikan peran yang kemarin dikerjakan oleh Tim 8, dan dengan ada BAJA ini, maka semua komunikasi teman-teman juga adalah lewat BAJA karena mereka semua nanti yang akan mewakili masing-masing pihak, tiga partai, capres cawapres di dalam berkomunikasi internal maupun eksternal," jelasnya.

Adapun anggota BAJA AMIN terdiri atas tiga orang perwakilan dari NasDem, PKS dan PKB serta masing-masing capres dan cawapres. Sehingga jumlah anggota BAJA AMIN ada sebanyak 15 orang.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyebut ada 3 orang penasihat di BAJA AMIN, yakni Shohibul Iman dari PKS, Sugeng Suparwoto dari NasDem, dan Dadang Juliantara dari PKB. Ketiganya juga menjadi penasihat saat di Tim 8. 

"Dan dari AMIN nanti ada unsurnya juga di dalam BAJA ini dan di sini nanti ada penasihat. Penasihat di BAJA ini adalah satu Pak Shohibul Iman, kedua Pak Sugeng Suparwoto, dan ketiga Pak Dadang Juliantara, yang kemarin tiga-tiganya berada di Tim 8 sekarang menjadi penasihat bagi kita," terangnya. 

Sedangkan perwakilan dari capres dan cawapres, Anies belum mau membeberkan siapa nama-nama yang diamanatkan untuk bertugas di BAJA AMIN. 

"Nanti dari Tim AMIN juga akan disampaikan nama-namanya. Jadi masing-masing tiga, dengan harapan nanti bisa mewakili semuanya dan menjadi jembatan komunikasi," kata Anies.

Berikut anggota BAJA AMIN perwakilan masing-masing partai:

NasDem

1. Willy Aditya

2. Dossy Iskandar

3. Suyoto

PKS

1. Muzzammil Yusuf

2. Wibowo

3. Rozaq Asyhari 

PKB

1. Syaiful Huda

2. Nihayatul Wafiroh

3. Lukmanul Khakim