Piala Dunia U-17 Makin Dekat, Pemprov DKI Masih Usaha Rayu Warga Eks Kampung Bayam Pindah dari Tenda di JIS ke Rusun
Lurah Papanggo, Tomi Haryono bersama warga eks Kampung Bayam (Foto: dok. Pemprov DKI)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kota Jakarta Utara kembali mendatangi sejumlah warga eks Kampung Bayam yang kini masih bertahan di tenda yang mereka dirikan di dekat pagar Jakarta International Stadium (JIS).

Lurah Papanggo, Tomi Haryono mencatat masih ada sekitar 10 KK yang masih bertahan di tenda dan menginginkan agar mereka segera diperkenankan menghuni Kampung Susun Bayam (KSB) di samping JIS.

Saat ini warga bekas gusuran pembangunan JIS belum bisa menempati hunian tersebut. Pemprov DKI pun sudah sejak lama meminta mereka untuk direlokasi di rumah susun sederhana sewa milik Pemprov DKI.

"Kami berharap mereka mau direlokasi. Silakan pilih saja mau di rusun mana yang ada di Jakarta Utara," kata Tomi kepada wartawan, Kamis, 21 September.

KSB diresmikan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Oktober 2022 lalu. Namun, warga eks Kampung Bayam sampai belum bisa menghuni KSB lantaran tak sepakay dengan besaran tarif sewa yang dipatok BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pengelola.

Jakpro menawarkan sewa KSB dengan tarif umum, sementara warga menginginkan tarif terprogram yang lebih murah.

Karena itu, sebagai solusi sementara, pemerintah menawarkan agar mereka menghuni rusun lain yang ada di wilayah Jakarta Utara.

Tomi menegaskan pihaknya siap pihaknya siap membantu warga memindahkan barang dan tenda yang mereka dirikan. Menurut Tomi, sejak beberapa waktu lalu pihaknya telah berulang kali bertemu dan berdialog bersama warga.

"Kami sudah tawarkan, sambil menunggu kepastian mereka bisa tinggal dulu sementara di rusun yang ada di wilayah lain," urainya.

Piala Dunia U-17 sendiri dijadwalkan berlangsung di empat stadion di Indonesia, yakni Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya mulai 10 November hingga 2 Desember 2023.

JIS bakal dijadikan tempat pertandingan-pertandingan Grup C (Brasil, Inggris, Iran, Kaledonia Baru) dan E (Prancis, Korea Selatan, Amerika Serikat, Burkina Faso).

Selain penyisihan grup, JIS juga akan digunakan untuk dua pertandingan babak 16 besar dan dua pertandingan perempat final. Oleh karena itu, kans Indonesia main di venue ini terbuka apabila bisa ke babak gugur.