MCB Sebut Ada 817 Koleksi Bersejarah di 6 Ruangan Gedung A Museum Nasional yang Terbakar
Museum Nasional ditutup untuk sementara/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB), Ahmad Mahendra menjelaskan, secara keseluruhan total koleksi dan benda bersejarah yang disimpan di Museum Nasional Indonesia terdapat 194 ribu koleksi.

"Ada 817 koleksi yang dipamerkan dan berada di enam ruangan terdampak kebakaran. Benda koleksi tersebut berbahan perunggu, keramik, terakota, kayu dan koleksi miniatur serta replika benda prasejarah. Koleksi itu ditemukan dalam kondisi utuh, rusak ringan sampai berat," kata Mahendra dalam keterangan resmi yang diterima VOI, Selasa, 19 September.

Lebih lanjut Mahendra mengatakan, pihak Museum dan Cagar Budaya berkomitmen untuk memberikan rincian tentang daftar koleksi-koleksi yang terdampak, langkah penanganan dan restorasi terhadap koleksi lebih lanjut setelah hasil investigasi resmi diperoleh dari Pusiablor Polri.

"Kami juga telah membuka komunikasi dengan sejumlah tenaga ahli untuk dapat bekerja sama dan memberikan dukungan dalam proses penyelamatan dan restorasi seluruh koleksi yang terdampak serta pengelolaan museum dan cagar budaya yang lebih baik kedepannya," katanya.

Mahendra menjelaskan, restorasi dan proses identifikasi seluruh koleksi yang terdampak kebakaran dari musibah yang terjadi merupakan proses yang terinci.

"Jadi membutuhkan waktu serta ruang yang cukup dan memadai. Kejadian ini menjadi momentum bagi kami untuk melakukan perubahan di MNI agar menjadi jauh lebih baik dan menuju standar permuseuman dunia," katanya.