Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemerintah belum lama tengah gencar menggarap beberapa ruas jalur tol. Mulai dari Jalan Tol Trans Jawa sampai Jalur Tol Trans Sumatra( JTTS). Penasaran mana aja tol tertua di Indonesia?

Mengutip laman Badan Pengatur Jalan Tol( BPJT), Selasa( 5/ 9/ 2023) sampai dikala ini ada 71 Jalur Tol di Indonesia dengan panjang total menggapai 2. 760 km yang sudah beroperasi. Di sisi lain, pembangunan jalur tol di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo( Jokowi) diketahui menggapai 1. 762 kilometer terhitung semenjak menjabat Presiden RI pada 2014 lalu. Apalagi, ada 750 kilometer jalur tol yang ditargetkan bakal rampung pada 2024 mendatang.

Di tengah masifnya pembangunan jalur tol tersebut, ada 3 Jalur Tol yang dinobatkan jadi yang tertua. Salah satunya ialah Jalur Tol Jakarta- Bogor- Ciawi( Jagorawi) yang sudah beropersai semenjak 1978.

Tol Tertua di Indonesia

Jalan Tol Jakarta- Bogor- Ciawi

Jalan Tol Jakarta- Bogor- Ciawi( Jagorawi) mempunyai total ruas sepanjang 59 kilometer. Jalur tol ini beroperasi pada 1978 serta masih beroperasi sampai disaat ini.

Apalagi, PT Jasa Marga( Persero) Tbk.( JSMR) mencatat jumlah volume lalu litas setiap hari rata- rata( LHR) Jagorawi selama Semester I/ 2023 tercatat tembus 408. 000 kendaraan per hari.

Buat diketahui, Jalur Tol Jagorawi sudah terhubung dengan banyak Jalur Tol, semacam Jalur Tol Dalam Kota, Jalur Tol Lingkar Luar Jakarta, Jalur Tol Bogor Ring Road, Jalur Tol Cimanggis- Cibitung, Jalur Tol Cinere- Jagorawi, Jalur Tol Ciawi- Sukabumi.

Jalan Tol Semarang ABC

Di posisi kedua jalur tol tertua dihuni oleh jalur Tol Semarang ABC yang sudah beroperasi semenjak 1983. Jalur tol ini mempunyai total panjang menggapai 24, 75 km, tol ini terdiri dari 3 Seksi, yakni Seksi A( Manyaran), Seksi B( Srondol) serta Seksi C( Kaligawe). Pertemuan ketiganya terletak di Simpang Susun( SS) Jangli serta nyaris segala daerah Semarang dapat diakses lewat tol ini. Di mana, Jalur Tol ini ialah bagian dari Jalur Tol Trans Jawa yang terhubung langsung dengan Jalur Tol Semarang- Solo di ujung selatan serta Tol Semarang- Batang di ujung barat.

Jalan Tol Jakarta- Tangerang

Jalur Tol Jakarta- Tangerang jadi tol tertua ke- tiga di Indonesia yang sudah beroperasi semenjak tahun 1984. Dikala ini, ruas tol Jakarta- Tangerang jadi penghubung untuk sebagian ruas tol lain yang terdapat di Jakarta serta Banten, semacam ruas tol Tangerang- Merak, ruas tol dalam kota Jakarta, ruas tol lingkar luar Jakarta 1, serta ruas tol lingkar luar Jakarta 2.

Dikala ini Jalur Tol sudah beroperasi selama 2. 760 Kilometer dengan 71 ruas tol operasi yang dikelola oleh 59 Badan Usaha Jalan Tol( BUJT).

Jadi setelah mengetahui tol tertua di Indonesia, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!