Fungsi Apple Airtag: Berikut Uraiannya
Fungsi Apple Airtag (Instagram @m_s_k_z)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Apple AirTag merupakan fitur kepunyaan Apple yang sudah muncul semenjak tahun 2021 lalu. Banyak pengguna yang memakai Apple AirTag selaku alat pelacak benda tersayang yang seperti hilang semacam kunci serta tas. Apple AirTag bakal tersambung dengan aplikasi“ Find My” yang bisa diakses lewat fitur Apple iOS serta MacOS. Lewat aplikasi“ Find My”, pengguna bisa mengenali posisi AirTag secara real- time.

Kemudian, apa guna Apple AirTag? Pada dasarnya, guna Apple AirTag yakni buat melacak posisi suatu barang dengan metode menyematkan Apple AirTag pada barang tersebut. Guna Apple AirTag sangat bermanfaat buat mengetahui posisi sesuatu hal supaya tetap dalam jangkauan. Dalam postingan ini, ada 5 peranan Apple AirTag yang bisa jadi alasan membeli Apple AirTag. Ayo, ikuti uraian berikut ini.

Fungsi Apple Airtag

Pelacak pintar semacam AirTag serta Tile Tag memakai Bluetooth Low Energy( BLE) buat berbicara dengan ponsel pintar kalian. Perlu dicatat kalau pelacak pintar modern pula mengirimkan sinyal Bluetooth yang bisa ditangkap oleh ponsel pintar mana juga di sekitarnya bukan cuma kepunyaan kalian.

Smartphone terdekat ini secara rutin mengunggah posisi tag kalian ke cloud, membolehkan kalian melihat posisi terakhirnya yang diketahui di peta dari mana saja di dunia. Apple menyebut ini jaringan Find My, sedangkan Samsung mempunyai jaringan seragam yang disebut Galaxy Find.

Walaupun Bluetooth berperan lumayan baik buat memperkirakan posisi tag, itu tidak menolong mempersempit pencarian sehabis kalian berada dalam jarak beberapa meter darinya. Buat alasan ini, beberapa tag saat ini pula menyertakan teknologi Ultra- Wideband( UWB).

Singkatnya, UWB merupakan protokol komunikasi nirkabel jarak pendek yang berdampingan dengan standar yang terdapat semacam Wi- Fi, Bluetooth, serta NFC. Tetapi, tidak seperti protokol tersebut, UWB membolehkan pelacakan posisi yang tepat, sampai beberapa inci.

Perihal ini membolehkan ponsel kalian buat betul- betul memandu kalian ke posisi tag yang pas sehabis kalian terletak dalam jangkauan UWB, seperti yang ditafsirkan di atas.

Smartphone unggulan modern, tercantum seri iPhone 13, Pixel 6 Pro, serta Galaxy S22, menunjang UWB. Buat tag pintar dengan sokongan UWB, kalian wajib memilah antara Apple AirTag serta Samsung Galaxy SmartTag Plus.

Jangan takut bila ponsel pintar kalian tidak menyertakan UWB ataupun kalian sudah membeli pelacak spesial Bluetooth. Hampir seluruh tag di pasaran pula dilengkapi speaker onboard serta bisa memutar suara. Kalian wajib berada dalam jangkauan tag serta memakai aplikasi pendamping.

Gimana AirTags Menemukan Barang

Sementara AirTags Apple bekerja dengan hampir seluruh iPhone modern, sebagian besar pelacak pihak ketiga yang lain di pasar cuma bakal berperan bila kalian menginstal aplikasi yang cocok di fitur yang kalian miliki.

Sehabis membuka kotak tag cerdas baru, pertama- tama kalian bakal diminta buat memasangkannya ke akun kalian. Ini umumnya sesederhana memegang tag di dekat ponsel pintar kalian serta menjajaki petunjuk di layar.

Sehabis kalian menautkan tag cerdas ke akun yang kalian miliki, kalian sepatutnya bisa melacak lokasinya dari aplikasi yang menyertainya. Dengan UWB, semacam yang dipaparkan di atas, smartphone kalian pula wajib bisa menawarkan panduan posisi ke tag.

Bila kalian tidak berada dalam jarak Bluetooth ataupun UWB dari AirTag ataupun Galaxy SmartTag yang dipasangkan, kalian boleh jadi masih bisa mengakses posisi terakhir yang diketahui.

Kenyataannya, kesempatan kalian buat menemukannya meningkat bila terletak di zona yang sibuk ataupun padat. Ini sebab orang asing yang berjalan melewati tag kalian bakal membuat ponsel pintar mereka secara otomatis mengetahui tag kalian serta mengunggah lokasinya ke jaringan Apple Find My serta Samsung Galaxy Find.

Berniatan buat membeli Apple AirTag? Kalian sudah dapat membelinya di Apple Store di Indonesia, contohnya di Ibox dengan harga Apple AirTag Rp 449. 000. 

Jadi setelah mengetahui fungsi Apple Airtag, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!