Pencarian 2 Nelayan Pakai Longboat Nomor 7 Hilang di Perairan Morotai Ternate Dihentikan
Basarnas melakukan pencarian dua orang pemakai longboat Selasa 5 September. Keduanya belum kembali usai melaut pada Minggu 3 September 2023. (ANTARA-Abdul F)

Bagikan:

MALUKU UTARA - Basarnas menutup operasi pencarian terhadap dua nelayan pemakai longboat yang dinyatakan hilang di perairan Pulau Morotai Ternate sejak 5 September 2023.

Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman menjelaskan, penutupan operasi lantaran pencarian sudah dilakukan selama tujuh hari sejak laporan korban hilang.

Korban hilang bernama Sukri Soleman (41), warga Desa Loleo, Kecamatan Morotai Jaya, Maluku Utara (Malut) dan Yusup Abdurahman (45), asal Desa Tomagoba Kecamatan Tidore Kepulauan.

Keduanya saat dinyatakan hilang, pergi melaut menggunakan longboat fiber dengan karakteristik dilengkapi dua buah mesin 15 PK, panjang 12 meter serta berwarna merah nomor 7.

Fathur menyebut, upaya pencarian sudah dilakukan oleh Tim SAR gabungan secara maksimal dengan mengerahkan alat maupun personel, namun korban belum dapat ditemukan.

Tim SAR gabungan juga telah berkoordinasi dengan pihak keluarga korban dengan hasil bahwa Operasi SAR sudah dilaksanakan selama 7 hari namun belum ditemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Fathur menambahkan Operasi SAR akan dibuka kembali apabila ada yang melihat maupun menemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Informasi hilangnya dua korban ini pun telah disampaikan kepada pihak terkait maupun kapal-kapal yang melintas di area tersebut, agar segera melaporkan ke Basarnas apabila menemukan korban .

Sebelumnya, pada 3 September 2023 pukul 03.30 WIT korban berangkat melaut ke arah rumpon menggunakan long boat dengan dua buah mesin 15 PK, namun hingga saat laporan ini diterima korban belum kembali dan belum diketahui keberadaan.

Menurut keterangan rekan nelayan, mereka tidak melihat keberadaan korban di sekitar rumpon ditempat korban biasa mencari ikan.

Terkait