Kapolda Papua Harap Situasi Keamanan di Dekai Segera Pulih
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri berharap kepada Kapolres Yahukimo yang baru AKBP Heru Hidayanto agar dapat segera beradaptasi dan memulihkan keamanan di wilayah Distrik Dekai sehingga situasi keamanan kembali kondusif.

"Mudah-mudahan situasi keamanan di Kabupaten Yahukimo dapat kembali kondusif sehingga masyarakat beraktivitas dengan normal tanpa diliputi ketakutan, " kata Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri di Jayapura, Sabtu, dikutip Antara.

Kapolda Papua menyampaikan hal itu sehubungan adanya laporan tentang sejumlah warga yang bermukim di pinggiran kota kini mengungsi dan mengamankan diri ke Dekai.

"Memang benar ada laporan terkait warga yang mengungsi untuk mengamankan diri akibat terjadinya gangguan keamanan di Dekai, ibukota Kabupaten Yahukimo," ujarnya.

Ia menyebut warga yang dilaporkan mengamankan tercatat 40 kepala keluarga (kk) itu bermukim di luar Kota Dekai.

Fakhiri mengatakan dari laporan yang diterima saat ini masih ditampung di penampungan yang ada di kompleks SMKN 1, Kompleks Pasema Sosial KM 2, Perumahan Sosial KM 4 dan kompleks Silimo Kali Merah.

Warga mengamankan diri ke empat lokasi itu karena rumah mereka berada di luar kota.

Gangguan keamanan di wilayah Dekai saat ini terjadi peningkatan, tidak saja penganiayaan hingga menyebabkan warga terluka dan meninggal, tetapi juga penembakan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) beserta simpatisannya.

Terkait