BPBD Subang Masih Berjibaku Padamkan Kebakaran di Lahan Eks TPA Panembong
Proses pemadaman kebakaran lahan di Subang. (ANTARA/HO-Pemkab Subang)

Bagikan:

SUBANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang, Jawa Barat, masih memadamkan api di lahan bekas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Panembong yang dilanda kebakaran sejak sebulan lalu.

"Sebenarnya apinya sudah mengecil, tapi beberapa kali membesar lagi," kata Kepala Pelaksana BPBD Subang, Udin Jazudin, dilansir ANTARA, Selasa, 5 September.

Dia mengatakan pada Senin (4/9) malam api yang membakar lahan eks TPA Sampah Panembong secara tiba-tiba kembali membesar.

Hingga Selasa siang, kata dia, kebakaran masih terjadi di eks TPA Panembong.

Pihaknya belum bisa memastikan kapan api itu benar-benar padam. Sebab beberapa kali selama sebulan terakhir ini, kata dia, ketika sudah padam, api kembali muncul saat angin kencang.

Dalam melakukan pemadaman, BPBD Subang dibantu oleh jajaran pemadam kebakaran (damkar) serta TNI-Polri.

Untuk menangani api yang kembali membesar, kata dia, diturunkan tiga unit mobil damkar ditambah dengan bantuan mobil air dari Dinas Sosial dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Subang.

Kebakaran di lahan bekas TPA Panembong terjadi sejak 7 Agustus 2023. "Jadi sudah hampir sebulan," katanya.

"Kami bersama TNI/Polri, Dinas Pemadaman dan pihak lainnya akan terus berusaha memadamkan api," Ujar Udin.

Menurut dia, lahan bekas TPA Panembong yang terbakar itu terjadi di lahan seluas 3,4 hektare, dari jumlah lahan yang totalnya mencapai 6 hektare

Dia mengimbau agar masyarakat mewaspadai kemungkinan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (karhutla) pada musim kemarau panjang sebagai dampak dari fenomena El Nino.

"Kami mengimbau agar masyarakat mewaspadai kebakaran lahan dan hutan, karena kondisi saat ini kemarau panjang," kata dia.