Presiden Jokowi Terima PM Kanada di Istana, Bahas Penguatan Kemitraan dengan ASEAN
Presiden Joko Widodo menerima PM Kanada Justin Trudeau di veranda Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (5/9/2023). ANTARA Foto/Hafidz Mubarak

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menerima Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di Istana Kepresidenan Jakarta, usai memimpin sejumlah sesi Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

PM Trudeau tiba di Istana Kepresidenan Jakarta sekitar pukul 17.00 WIB. Kehadiran PM Trudeau disambut Presiden Joko Widodo di teras Halaman Istana Merdeka, Jakarta dan dengan upacara kehormatan.

Presiden Jokowi dan PM Trudeau lalu berbincang empat mata di veranda belakang Istana Merdeka dan selanjutnya melangsungkan pertemuan bilateral.

Dalam pengantar pertemuan bilateral, Presiden Widodo menyampaikan harapannya agar kemitraan strategis ASEAN-Kanada akan memperkuat kerja sama kawasan dengan Kanada.

"Besok (Rabu, 6/9), akan diluncurkan kemitraan strategis ASEAN-Kanada. Saya berharap itu akan meningkatkan kerja sama di antara kita," kata Joko Widodo dilansir ANTARA, Selasa, 5 September.

Presiden Widodo juga mengatakan dirinya ingin membicarakan sejumlah isu, antara lain perdagangan dan investasi.

"Saya merasa senang sekali nilai perdagangan kita meningkat 37 persen di 2022 dan melampaui level saat pandemi," jelasnya.

Sementara itu PM Trudeau menyampaikan rasa terima kasih kepada Indonesia karena dalam keketuaannya di ASEAN kali ini kembali melibatkan Kanada.

Menurutnya, peluncuran kemitraan strategis ASEAN-Kanada menjadi sangat penting bagi Kanada dan kawasan.

"Asia Tenggara adalah salah satu kawasan dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan kepemimpinan Indonesia di negara-negara berkembang tersebut sangatlah luar biasa," jelas PM Trudeau.

Kanada melihat pertumbuhan luar biasa dalam hubungan bilateral dengan negara-negara ASEAN selama beberapa tahun terakhir.

Namun menurutnya, masih banyak hal yang harus dilakukan yang akan menghasilkan pertumbuhan yang baik, lapangan kerja yang baik, dan peluang yang baik bagi masyarakat ASEAN dan Kanada.

Trudeau turut menyampaikan apresiasinya atas sambutan hangat yang diberikan kepada tim basket Kanada di Indonesia, saat tim Kanada berlaga pada ajang Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia Arena, kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurutnya hal itu menjadi contoh luar biasa dari ikatan kuat Kanada dengan Indonesia.

Trudeau pun menyampaikan sangat menantikan pembicaraan di KTT ASEAN-Kanada mengenai beberapa masalah besar yang penting bagi geopolitik.

Dia menekankan Indonesia sejauh ini telah menunjukkan kapasitasnya untuk menyatukan dunia melalui keketuaan G20, dan bergulat dengan isu-isu besar.

PM Trudeau menyampaikan harapan Kanada atas kepemimpinan Indonesia di ASEAN.